Bacaan Doa Penyembuh Sakit Fisik dan Batin

Feb 03, 2022 10:40
Ilustrasi (Foto: Yaqeen Institute)
Ilustrasi (Foto: Yaqeen Institute)

JATIMTIMES - Semua manusia pasti pernah merasakan penyakit fisik dan batin. Penyakit fisik mungkin terlihat lebih kentara, namun untuk penyakit batin juga tak kalah 'menggerogoti' tubuh. 

Jika penyakit batin dibiarkan bisa menyerang kesehatan fisik pula hingga terlihat si penderita menjadi kurus. Cara terbaik untuk menangani penyakit fisik dan mental biasanya bisa dilakukan dengan berobat ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat. 

Selain itu, Anda juga bisa menyemangati diri dengan memohon kesembuhan dari Allah SWT. Berikut doa yang diajarkan Rasulullah SAW untuk membantu mengobati penyakit fisik dan batin. Doa tersebut tercantum dalam hadis riwayat Imam Muslim dari Aisyah Radliyallahu 'Anha.

بِاسْمِ اللهِ يُبْرِيكَ، وَمِنْ كُلِّ دَاءٍ يَشْفِيكَ، وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ، وَشَرِّ كُلِّ ذِي عَيْنٍ

"Bismillahi yubrika wa min kulli dain yasyfika wa min syarri khasidin idza khasada wa syarri kulli dzi 'ainin."

Artinya:

"Dengan nama Allah, Dia menyembuhkanmu, dan dari setiap penyakit Dia menyembuhkanmu, dan dari kejahatan orang yang dengki apabila dia mendengki, serta dari kejahatan semua pemilik mata."

Kemudian, jika ada kerabat, keluarga, atau siapa saja yang sedang menderita penyakit, kuatkan juga mereka dengan membacakan doa yang terkandung dalam hadis riwayat Imam Bukhari dan Imam Muslim.

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ مُذْهِبَ الْبَاسِ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِى لاَ شَافِىَ إِلاَّ أَنْتَ ، شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

"Allahumma rabban naas mudzhibal basi isyfi antasy syafi la syafiya illa anta, syifaal la yughodiru saqoma."

Artinya:

"Ya Allah, Tuhan segala manusia, hilangkanlah penyakitnya, sembuhkanlah dia. Engkaulah yang dapat menyembuhkan, tidak ada kesembuhan melainkan kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak kambuh lagi."

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
doa penyembuh sakitdoa penyembuh batin

Berita Lainnya

Berita

Terbaru