Calon Pengantin Baru, Ini 5 Alat Dapur yang Wajib Kamu Punya

Feb 03, 2022 10:16
Foto dapur (ist)
Foto dapur (ist)

JATIMTIMES - Setelah menikah, biasanya pasangan pengantin baru akan menempati hunian baru. Jadi, banyak persiapan yang harus dilakukan, salah satunya melengkapi ruang dapur.

Apa saja sih alat dapur yang wajib ada di rumah?

 

Rice Cooker

Nasi adalah salah satu makanan pokok yang dikonsumsi orang Indonesia, bahkan tidak sedikit yang bilang “gak kenyang kalo gak makan nasi”.

Dulu, sebelum adanya alat elektronik, awalnya memasak nasi dengan cara merebus beras menjadi setengah matang dan dikukus dalam dandang di atas kompor. Rumit bukan? Kini telah hadir rice cooker yang bantu memudahkan dalam menanak nasi.

Untuk rumah tangga, kamu bisa langsung membeli yang kapasitas besar (2 atau 3 liter), atau paling tidak ukuran yang kecil (1 liter).

Untuk kapasitas lebih kecil lagi seperti 0,6 liter hanya disarankan untuk anak kost atau satu orang saja. Rice cooker tidak hanya bisa dipakai untuk masak tetapi juga menghangatkan nasi, sampai yang bisa membuat kue. Tinggal dipilih sesuai kebutuhan dan budget

 

Wajan dan panci

Suka masak? Sudah pasti kamu membutuhkan wajan dan panci. Agar jadi lebih nyaman, pilih kualitas baik dan sesuai kebutuhan. Berikut tips memilih panci dan wajan:

Pilih bahan anti lengket

Bahan anti lengket yang paling umum ditemukan adalah bahan teflon. Karena sifatnya anti lengket, membuat wajan dan panci mudah dibersihkan. Meskipun harga bahan teflon relatif lebih mahal daripada pada bahan biasa, teflon lebih irit minyak dan bikin makanan tidak mudah gosong.

Pertimbangkan ukuran

Wajan memiliki ukuran yang bervariasi, mulai dari 10 cm sampai 30 cm. Kamu bisa pilih sesuai kebutuhan. Untuk pengantin baru bisa pilih teflon ukuran sedang, seperti ukuran 22 atau 24 cm.

Selain untuk masak, panci dan wajan bisa juga dipakai untuk manasin makanan atau sekedar bikin mie instan. Khusus menggoreng, sudah pasti hanya pakai wajan ya!

 

Aneka pisau

Pisau dapur memiliki banyak jenis dan kegunaan yang berbeda-beda. Berikut list nya:

1. Chef’s knife

Pisau ini juga dikenal dengan pisau serbaguna dan sering digunakan para chef. Memiliki ukuran 20-25 cm, pisau ini bisa digunakan untuk memotong sayur, buah, dan daging.

 

2. Bread knife

Agar kue atau roti tidak hancur, disarankan pakai bread knife. Gerigi-gerigi kecil pada pisau ini akan menghasilkan potongan roti lebih rapi daripada pisau biasa. Umumnya, ukurannya sekitar 20 - 25 cm.

 

3. Boning knife

Fungsi dari pisau ini adalah untuk membuat irisan yang sangat tipis pada daging dan memisahkan daging ikan dari tulangnya. Ukurannya lebih ramping dan kecil dibanding pisau serbaguna, yakni 12-17 cm.

 

4. Paring knife

Kesulitan memisahkan kulit udang? Coba pakai paring knife. Selain itu, karena bentuknya yang runcing, benda tajam ini juga sering digunakan untuk mengupas dan menghias buah.

 

5. Peeler

Pisau ini memiliki bentuk yang sangat berbeda dari pisau lainnya sehingga sangat mudah dikenali. Peeler digunakan untuk mengupas kulit wortel, kentang, timun, atau buah-buahan. Proses pengerjaannya lebih cepat dan hasilnya rapi.

 

Pilih pisau yang dibuat dari stainless steel karena harga terjangkau, mudah dibersihkan, dan tidak mudah berkarat.

 

Blender

Suka minum jus? Ini bagus loh untuk kesehatan. Bisa digunakan untuk pendamping saat makan atau alternatif sarapan sehat dan praktis. Dalam proses pembuatan, kamu memerlukan blender. Pilihlah blender yang kualitas bagus dan banyak fiturnya, atau istilahnya 3 in 1 atau 4 in 1.  

Salah satu merk blender yang memenuhi kriteria ini contohnya blender Cosmos CB 802, blender 4 in 1 ini bisa untuk melumat, menghaluskan, mencincang, dan menyaring makanan. Harganya pun cukup terjangkau, sekitar Rp 450.000-an.

Untuk detailnya baca review blender Cosmos CB 802.

 

Microwave

Sebagian pasangan baru mungkin masih memutuskan gak masak, mungkin karena merasa cuma berdua saja mending beli. Agar tidak bolak balik keluar rumah, sekalian beli stok makan siang atau malam bisa jadi pilihan. 
Anda bisa gunakan microwave untuk menghangatkan makanan yang ada. 
Alat ini praktis dan tersedia timer, jadi bisa sambil kerjain yang lain deh.  Bagusnya, microwave boleh disetel dengan suhu lebih dari 100 derajat celcius. Mengukus dengan uap di atas 100 derajat celcius bisa bantu kurangi lemak sehingga makanan jadi lebih sehat.
Kelima peralatan tersebut sangat mudah ditemui di toko pecah belah, pasar atau yang lagi populer saat ini di online marketplace.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
alat dapurperalatan dapurBlender

Berita Lainnya

Berita

Terbaru