Pemkot Batu Gelontorkan Rp 5,9 Miliar Bangun SMPN 7

Jan 31, 2022 19:50
Lahan SMPN 7 Kota Batu di Kelurahan Dadaprejo. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Lahan SMPN 7 Kota Batu di Kelurahan Dadaprejo. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Tahun 2023 Kecamatan Junrejo akan memiliki dua Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN). Sebab 2022 ini Pemkot Batu menggelontorkan anggaran sebesar Rp 5,9 miliar untuk pembangunan SMPN 7 Kota Batu.

Lokasi dan Detail Engineering Design (DED) pembangunan SMPN 7 Kota Batu juga sudah matang. Sehingga pembangunan bisa segera dilaksanakan pada 2022 ini. Sedangkan rencana lelang pembangunan SMPN 7 Kota Batu akan dilakukan pada Februari 2022 di Kelurahan Dadaprejo, Kecamatan Junrejo.

Luas tanah untuk membangun sekolah ini 6 ribu sampai 7 ribu meter. Dengan fasilitas ruang perpustakaan, laboratorium, ruang guru dan kepala sekolah. Serta ruang publik bermain siswa. Dengan demikian pada 2023 mendatang, sekolah tersebut bisa mulai melaksanakan pembelajaran. Nantinya pembelajaran akan dibuka dengan menerima siswa sebanyak dua rombongan belajar (rombel).

“Setiap rombelnya akan diisi maksimal 32 siswa. Keputusan itu dibuat agar pertumbuhan sekolah swasta di Kecamatan Junrejo tetap terjaga,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu Eny Rachyuningsih.

Nantinya akan disediakan enam kelas. Sehingga ketika siswa kelas 7 naik ke kelas 8 tidak perlu membangun gedung lagi karena sudah siap.

Dengan hadirnya SMPN 7 Kota Batu nanti bagi warga Kecamatan Junrejo tidak perlu khawatir lagi lantaran sistem zonasi. Mengingat saat ini di Kecamatan Junrejo hanya memiliki satu SMPN yakni SMPN 3 Kota Batu.

Sebelumnya saat melakukan studi kelayakan ada tiga alternatif tempat pembangunan SMP Negeri 7 Kota Batu. Seluruhnya ada di Kecamatan Junrejo, yakni di Desa Pendem, Desa Tlekung, dan Kelurahan Dadaprejo. Namun Desa Pendem dan Desa Tlekung tidak terpilih lantaran terkendala lahan tanah. Selain itu pembangunan SMP Negeri 7 Kota Batu merupakan salah satu program strategis di Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMD) Kota Batu 2017-2022.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
pembangunan smpn 7 kota batuanggaran pembangunan smpn 7 kota batuDinas Pendidikan Kota Batu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru