KPU Kota Batu Mulai Fokus Pemutakhiran DPT, Diprediksi 2024 Jumlahnya Capai 177 Ribu Jiwa

Jan 31, 2022 15:46
Krisdayanti saat akan memasukkan surat suara di TPS Kota Batu pada Pemilu beberapa saat lalu (Foto: Irsya Richa/JatimTIMES).
Krisdayanti saat akan memasukkan surat suara di TPS Kota Batu pada Pemilu beberapa saat lalu (Foto: Irsya Richa/JatimTIMES).

JATIMTIMES - Pemilihan Umum (Pemilu) serentak bakal dilaksanakan di Kota Batu pada 2024 mendatang. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu pun kini tengah fokus memutakhirkan Daftar Pemilih Tetap (DPT).

KPU Kota Batu sudah mulai persiapan menyongsong Pemilu 2024 mendatang. Dengan fokus melakukan pemutakhirkan DPT,” ucap Komisioner KPU Kota Batu, Heru Joko Purwanto.

Pemutakhiran DPT kini pun tengah dilakukan setiap bulannya bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Batu. Setiap bulannya sudah terdapat peningkatan hingga sekitar 100 orang.

“Ada perkembangan DPT setiap bulannya ada peningkatan kurang lebih sekitar 100 orang,” tambah Heru.

Terakhir, data yang dihimpun jumlah DPT di Kota Batu sudah mencapai 155.237 jiwa. Rinciannya Kecamatan Batu ada 70.784 DPT, Kecamatan Bumiaji terdapat 45.655 DPT, dan Kecamatan Junrejo sejumlah 38.798 DPT.

Meksipun masih dua tahun lagi, pemutakhiran terus dilakukan hingga 2024 mendatang. Heru memprediksi pada 2024 mendatang, DPT di Kota Batu mencapai 177 ribu jiwa.

“Sejauh ini data-data sudah tidak ada masalah. Contohnya seperti adanya DPT dobel,” ujar Heru.

Selain itu pihaknya juga sudah mulai merancang kebutuhan anggaran sesuai jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang akan disiapkan. Diperkirakan kebutuhan anggaran mencapai Rp 33 Miliar. Tetapi jumlah tersebut masih bisa turun melihat kondisi yang berlaku nantinya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
pemilu 2024Kota BatuKPU Kota BatuDPT Kota Batuberita kota malangBerita Jatim

Berita Lainnya

Berita

Terbaru