Kunjungan Wisatawan Kota Batu Tembus 2,4 Juta Sepanjang 2021, Tahun ini Optimis Naik 5 Juta

Jan 30, 2022 20:05
Kepadatan wisatawan saat di Jatim Park 3. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Kepadatan wisatawan saat di Jatim Park 3. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Pandemi Covid-19 membuat Pemerintah Kota Batu tidak berani menargetkan kunjungan wisatawan yang tinggi. Meski demikian, Dinas Pariwisata Kota Batu mencatat kunjungan yang melebih target sepanjang 2021.

Tercatat, kunjungan wisatawan di 2021 mencapai 2,4 juta. “Jumlah kunjungan wisatawan mendekati hampir 2,5 juta,” ungkap Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, Arief As Siddiq.

Arief menambahkan, jumlah tersebut tergolong tinggi. Sebab 2021 silam, Pemkot Batu hanya menargetkan kunjungan wisata mencapai 2 juta. Lantaran terdapat kebijakan penutupan tempat wisata akibat Pembatasan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

“Tahun 2021 kami tidak banyak memasang target, karena banyak tempat wisata harus ditutup. Melihat Kota Batu merupakan jujugan wisatawan dari berbagai daerah,” ungkap Arief.

Kunjungan mencapai 2,4 juta itu tercatat dari objek wisata dan hotel. Rata-rata pengunjung dari berbagai daerah seperti Kalimantan, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan sebagainya. 

“Seperti Alun-Alun Kota Batu belum dihitung,” tambah mantan Kepala Dinas Lingkungan Hidup ini.

Melihat tren dan capaian positif itu, pada 2022 ini Arief pun optimis kunjungan wisatawan bisa tinggi. Arief menargetkan bisa tembus 5 juta wisatawan. Target dua kali lipat dari 2021 ini pun tentunya dibarengi dengan beberapa upaya yang dilakukan ke depan.

Tentunya dengan mengandalkan kalender even dalam satu tahun. Menerapkan protokol kesehatan di seluruh tempat wisata, agar wisatawan lebih aman dan nyaman saat berwisata di Kota Batu.

Lalu bekerjasama dengan Pemerintah Malang Raya untuk menggelorakan tempat wisata. Kemudian menggerakkan Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) yang baru saja dilantik pada akhir 2021.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
kunjungan wisatawanKota Batuberita kota batuBerita Jatim

Berita Lainnya

Berita

Terbaru