Sempat Ada Lonjakan Kasus Covid-19, Wali Kota Batu: Karena Riwayat Bepergian

Jan 30, 2022 11:04
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko.
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko.

JATIMTIMES - Beberapa hari yang lalu tambahan kasus aktif Covid-19 di Kota Batu cukup melesat hingga 5 pasien. Menurut Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko tambahan yang cukup pesat itu lantaran adanya perjalanan dari luar daerah.

“Perlu diketahui memang beberapa hari yang lalu tambahan banyak dari 1 kasus, 2 kasus, sampai ke 5 kasus,” ungkap Dewanti.

Dewanti menambakan, bertambahnya kasus aktif Covid-19 yang cukup banyak diketahui adanya riwayat perjalanan warga Kota Batu ke luar Kota Batu. Kemudian saat kembali dari luar Kota Batu melakukan swab, hasilnya positif.

“Kasus positif ini masih dari klaster keluarga. Karena riwayat perjalanan habis bepergian, ketika diswab positif,” tambah Dewanti, Minggu (30/1/2022).

Karena itu Dewanti mengimbau agar warganya disiplin protokol kesehatan. Lalu menjaga imunitas dalam atau kesehatan masing-masing. “Untuk itu mengimbau untuk bisa menjaga prokes dan imunitas,” imbau Dewanti.

Dewanti meminta agar mematuhi 6M, yakni memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjaga kesehatan, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas atau bepergian kecuali untuk keperluan sangat mendesak.

Sedang, hingga Sabtu (29/1/2022) kasus aktif Kota Batu sudah berkurang menjadi 6 kasus aktif. Dengan demikian ada tambahan 3 kasus aktif yang sembuh.

Sementara 6 kasus yang aktif itu kini menjalani isolasi di rumah sakit dan mandiri. Rinciannya 2 pasien isolasi di rumah sakit dan 4 pasien isolasi mandiri.

Hingga saat ini jumlah kasus Covid-19 di Kota Batu keseluruhan sejak awal pandemi masuk ke Kota Batu mencapai 3.131 kasus.

Lalu kasus kesembuhan  Kota Batu sejumlah 2.859 orang. Dengan jumlah kematian mencapai 266 orang. Sementara itu capaian vaksinasi Covid-19 dosis pertama yang sudah tembus 182.025 orang atau 110,34 persen.

Lalu vaksinasi dosis kedua mencapai 152.985 atau 92,76 persen. Dengan vaksinasi dosis ketiga juga sudah mencapai target, bahkan melebihi yakni 2.634 nakes atau 160 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
covid 19 kota batuKasus Covid 19Siaga Covid 19

Berita Lainnya

Berita

Terbaru