Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Ekonomi

Harga Turun, Minyak Goreng Malah Jadi Barang "Gaib", Ini Kata Pemerintah

Penulis : Desi Kris - Editor : Lazuardi Firdaus

30 - Jan - 2022, 09:05

Minyak goreng (Foto: Healthshots)
Minyak goreng (Foto: Healthshots)

JATIMTIMES - Pemerintah diketahui telah menurunkan harga minyak goreng menjadi Rp 14 ribu per liter per 12 Januari 2022 lalu. Namun, dengan turunnya harga itu, stok minyak goreng di pasaran justru makin langka. 

Sejumlah minimarket bahkan sampai tidak memiliki stok sedikit pun. Salah satunya yakni minimarket di kawasan Jakarta.

Salah satu petugas mengatakan, kekosongan terjadi sejak harga minyak goreng turun menjadi Rp 14.000/liter. Sampai saat ini, stok minyak goreng belum tersedia lagi.

"Kayaknya iya semenjak turun harga ini. Kalau datang stoknya juga sedikit dan langsung habis," ucap petugas yang tak disebutkan namanya itu. 

Untuk pembelian sendiri, masih dibatasi yakni minyak goreng 2 liter maksimal pembelian satu. Sedangkan untuk kemasan 1 liter, maksimal 2.

Selain itu, rak-rak minyak goreng di beberapa minimarket juga kosong hingga diisi dengan produk lain, seperti kopi, susu, hingga kecap manis.

Sebagai informasi, rencananya, pemerintah kembali akan menurunkan harga minyak goreng per 1 Februari mendatang. Rinciannya yaitu, minyak goreng curah Rp 11.500/liter, minyak goreng kemasan sederhana Rp 13.500/liter, dan minyak goreng premium Rp 14.000/liter.

Apa kata pemerintah soal stok minya goreng yang kosong? 

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Oke Nurwan mengungkap bahwa penyebab kekosongan minyak goreng terjadi karena masyarakat yang kerap memborong saat membeli. 

"Ini masyarakat yang keras, pasokannya normal untuk ritel modern. Kita coba tambah, jangan seperti biasanya. Tapi ini masyarakat yang keras, apa pun ceritanya kalau masyarakat keras jadi seperti itu. Diumumkan anak-cucu ngantre," kata Oke. 

Oke juga mengatakan stok minyak goreng untuk ritel modern sebenarnya terus tersedia. Total keseluruhan minyak goreng yang akan digelontorkan sebanyak 250 juta, per bulan dan 20 juta per bulan itu untuk stok di ritel modern.


Topik

Ekonomi


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Desi Kris

Editor

Lazuardi Firdaus