Malangtimes

Balekambang Bakal Makin Cantik, Sejumlah Fasum Ditambah

Jan 29, 2022 17:05
Salah satu spot yang sempat menjadi andalan di Pantai Balekambang.(Foto: Istimewa).
Salah satu spot yang sempat menjadi andalan di Pantai Balekambang.(Foto: Istimewa).

JATIMTIMES - Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Jasa Yasa terus berbenah  untuk  meningkatkan kunjungan wisata ke Kabupaten Malang. Apalagi hingga saat ini, tingkat kunjungan wisata masih cenderung menurun akibat pandemi covid-19. 

Pembenahan salah satunya dilakukan di Pantai Balekambang. Sejumlah fasilitas umum (fasum) di pantai indah itu diperbaiki. Bahkan untuk membuat wisatawan semakin betah, Perumda Jasa Yasa juga akan menambah sejumlah fasilitas penunjang di pantai yang berlokasi di Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, ini. 

"Beberapa fasum mulai kami perbaiki. Kami juga mulai mengaktifkan kembali flying fox yang pernah ada. Dan kami juga menambah persewaan tenda bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan pantai," ujar Plt Direktur Utama Perumda Jasa Yasa Kabupaten Malang Husnul Hakim Syadad.

Dengan upaya tersebut,  Husnul juga berharap agar kunjungan wisatawan ke pantai tersebut berangsur meningkat meski  nama Pantai Balekambang sendiri juga sudah cukup tersohor di kalangan wisata pantai. 

Berdasarkan catatan Perumda Jasa Yasa, pada Januari 2022 ini, kunjungan wisatawan ke Pantai Balekambang masih mengalami penurunan yang mencapai 30 persen. Angka tersebut jika dibandingkan dengan Januari pada tahun 2021 lalu. 

"Januari 2021 dulu kunjungan wisatawan masih bagus. Beda dengan Januari 2022 ini, karena perayaan malam pergantian tahun pantai Balekambang tutup. Beda dengan tahun 2021 lalu," terangnya.

Di sisi lain, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang juga telah memperbaiki jalan di Desa Srigonco, Kecamatan Bantur. Sebelumnya, jalan tersebut menjadi rusak akibat dilalui banyak kendaraan berat pengangkut material untuk pembangunan Jalur Lintas Selatan (JLS). 

"Alhamdulillah, jalan menuju Pantai Balekambang sudah diperbaiki, Jalan yang dulu rusak parah di Desa Srigonco itu sekarang sudah mulus," kata Husnul.

Perbaikan akses jalan menuju Pantai Balekambang tersebut diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan. Paling tidak, peningkatan tersebut sudah bisa tampak pada akhir pekan ini dibanding dengan sebelumnya. 

"Akses jalan sudah diperbaiki. Pengunjung wisata Pantai Balekambang tidak perlu khawatir kendaraannya tergelincir. Kami berharap kunjungan meningkat dua kali lipat dibanding akhir pekan sebelumnya," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru