Dipangkas Rp 3 Miliar, Dana Penyertaan Modal Perumdam Among Tirto Jadi Rp 4,4 Miliar

Jan 29, 2022 14:18
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat meresmikan saluran air baru di Kota Batu sebelum pandemi Covid-19. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat meresmikan saluran air baru di Kota Batu sebelum pandemi Covid-19. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Pada 2022 ini, Pemerintah Kota Batu mengalokasikan dana penyertaan modal kepada Perumdam Among Tirto sebesar Rp 4,4 Miliar. Penyertaan modal untuk peningkatan pelayanan air bersih kepada masyarakat Kota Batu itu dipangkas dari pengajuan awal yang sebesar Rp 7,4 Miliar.

“Penyertaan modal yang disetujui sejumlah Rp 4,4 Miliar dan akan dimaksimalkan demi pelayanan kepada para pelanggan di Kota Batu,” ungkap Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso.

Anggaran tersebut telah ditetapkan dari hasil pembahasan APBD 2022 Kota Batu. Dana penyertaan modal yang diberikan tentunya menyesuaikan dengan kemampuan anggaran Pemkot Batu.

Juga telah mengacu dari persetujuan DPRD, melihat hasil kajian yang diajukan oleh Perumdam Among Tirto. Rencananya, dengan anggaran tersebut akan dimaksimalkan untuk dua program prioritas.

Terpisah, Direktur Perumdam Among Tirto Kota Batu, Sunaedi menambahkan, anggaran tersebut akan digunakan untuk program selama 2022. Di mana hal itu akan dimaksimalkan dalam dua program demi pelayanan kepada para pelanggan.

“Dua program prioritas ini yakni pengadaan tanah, pembangunan tandon dan perbaikan instrumen SPAM yang akan dilakukan di Desa Oro-oro Ombo,” ucap Sunaedi yang akrab disapa Sokek ini.

Sokek menjelaskan, pembelian tanah itu memiliki luasan 200 meter persegi. Sedangkan untuk pembangunan tandon luasnya 300 meter kubik.

Program kedua yakni penambahan jaringan saluran rumah (SR) bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di Kota Batu. "Tahun ini SR bagi MBR ada 750 kuota dengan nilai anggaran sekitar Rp 2,2 Miliar," tutup Sokek.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Kota Batuapbd 2022 Kota BatuIr Punjul SantosoPunjul Santosoberita kota batuBerita Jatim

Berita Lainnya

Berita

Terbaru