Baru Ditambal Rusak Lagi, Jalan Berlubang di Ampeldento Picu Kecelakaan

Jan 27, 2022 18:50
Kondisi jalan berlubang di Jalan Raya Pakis.(Foto: Istimewa)
Kondisi jalan berlubang di Jalan Raya Pakis.(Foto: Istimewa)

JATIMTIMES- Persoalan jalan rusak sepertinya memang masih menjadi pekerjaan rumah bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang. Salah satunya, kerusakan yang ada di Jalan Raya Pakis, Ampeldento, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang

Padahal, ruas jalan tersebut berada di jalur menuju atau keluar dari exit Tol Pakis. Terang saja, lubang yang terdapat di beberapa titik itu mengganggu pengendara yang melintas. 

Mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan akibat jalan rusak , warga setempat menutup lubang-lubang jalan dengan bahan seadanya. Mulai dari pasir, batu dan beberapa material lain. 

Bahkan, warga juga sempat menutup salah satu lubang dengan pohon pisang. Selain sebagai penanda bahwa titik tersebut ada lubang, mungkin juga dimaksudkan agar segera diperbaiki. 

Jalan yang rusak berlubang itu juga sudah beberapa kali mengakibatkan pengendara mengalami kecelakaan. Bahkan dalam dua pekan terakhir, ada sebanyak 7 orang pengendara yang terjatuh karena lubang tersebut. 

"Itu saya yang taruh (pohon), biar orang yang lewat tidak jatuh. Kasihan, ada yang (jatuh) sudah tua juga sampai tidak bisa bangun karena luka-luka," ujar salah seorang warga, Agus Mulyono. 

Dari pantauannya, kondisi tersebut menjadi semakin parah saat turun hujan. Apalagi, mengingat kondisi jalan yang posisi permukaan jalan lebih rendah daripada drainase di sisi jalan, membuat jalan tersebut kerap tergenang saat air di drainase meluap akibat hujan. 

Yang dinilai menjadi lebih berbahaya, luapan air drainase yang tumpah ke jalan tersebut menyebabkan genangan air di beberapa titik jalan. Termasuk, di titik-titik jalan yang berlubang.

Akibatnya, tidak jarang pengendara yang melintas harus terperosok karena kondisi air yang tertutup air. Informasi yang dihimpun, ruas jalan tersebut baru saja mendapat perbaikan. Namun tidak lama berselang, lubang-lubang itu kembali terbuka. 

Sebelumnya, kondisi nyaris serupa juga ditemukan di ruas jalan di Sanggrahan Desa Mangunrejo Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang. Di ruas jalan ini, kondisi jalan yang berlubang juga kerap mengakibatkan pengendara mengalami kecelakaan. 

Warga setempat maupun pedagang yang ada di sekitar jalan tersebut juga mengatakan, bahwa dalam waktu tiga bulan, lebih dari 10 peristiwa kecelakaan terjadi di titik jalan yang berlubang tersebut. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Jalan Rusakjalan berlubangKabupaten Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru