dr. Zaidul Akbar Sarankan Konsumsi 3 Makanan Ini untuk Atasi Rematik: Nyeri Hilang, Aktivitas Lancar Kembali

Jan 27, 2022 10:00
Ilustrasi (Foto: Treatment of rheumatism)
Ilustrasi (Foto: Treatment of rheumatism)

JATIMTIMES -dr. Zaidul Akbar memang kerap membagikan resep-resep herbal untuk mengatasi berbagai penyakit. Kali ini ia menyebutkan, ada beberapa makanan yang bisa dicoba dikonsumsi untuk mengatasi masalah rematik.

Dengan rutin mengkonsumsi makanan-makanan ini, maka nyeri yang ditimbulkan dari rematik bisa hilang, dan kita bisa melanjutkan aktivitas dengan lancar.

Seperti diketahui, rematik menjadi salah 1 masalah kesehatan yang sering dialami banyak orang.

"Rematik bisa menyerang siapa saja, baik pria maupun wanita. Tapi, dia (rematik) akan lebih mudah menyerang kepada mereka yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas, orang yang merokok, dan wanita. Jadi harus lebih ekstra waspada," tutur dr. Zaidul Akbar, dikutip dari Instagram @drzaidulakbar_jsr. 

Namun tidak perlu khawatir, sebab rematik kini bisa diatasi dengan mudah, asalkan kita rutin mengkonsumsi makanan yang disarankan dr. Zaidul ini. 

Makanan-makanan dimaksud dr. Zaidul Akbar yaitu bawang putih, teh hijau dan kayu manis.

"Rutinkan, ikhtiar bersama, dengan izin Allah, sendi-sendi yang sakit atau rematik ini bisa sembuh," kata dr. Zaidul Akbar.

Lalu, mengapa bawang putih, teh hijau dan kayu manis dapat mengatasi rematik? Berikut penjelasannya:

1. Bawang Putih

Bawang putih kata dr. Zaidul Akbar, mampu menjadi obat untuk menyembuhkan rematik.

"Bawang putih telah terbukti ampuh dalam mengatasi radang sendi, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai obat rematik alami, seperti misalnya pada rheumatoid arthritis atau osteoarthritis," ucap dr. Zaidul Akbar. 

Rempah-rempah yang selalu ada sebagai bumbu masakan ini memiliki efek anti radang, dengan cara menghambat produksi zat sitokin yang dapat memicu reaksi radang⁣.

2. Teh Hijau

Minum teh hijau juga bisa menjadi pilihan untuk mengatasi rematik. Teh hijau dikenal kaya akan kandungan polifenol yang merupakan antioksidan, dan bisa membantu menurunkan peradangan dan nyeri sendi yang disebabkan oleh rematik.

"Senyawa aktif dalam teh hijau dapat mengubah respons tidak normal pada sistem imun tubuh penderita rematik, jadi bisa mengurangi derajat keparahan penyakitnya," kata dr. Zaidul Akbar. 

3. Kayu Manis

Sedangkan kayu manis, memiliki sifat antioksidan kuat yang bisa menghambat kerusakan sel akibat radikal bebas.

"Berdasarkan penelitian, kayu manis kalau dikonsumsi secara teratur setiap hari, bisa mengurangi nyeri dan pembengkakkan sendi pada penderita rheumatoid arthtritis," tambah dr. Zaidul Akbar.

Hal ini menunjukkan bahwa kayu manis bisa menjadi pilihan untuk obat rematik alami⁣.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Obat Herbaldr zaidul akbarobat reumatik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru