Patenkan Lebih dari 60 Inovasi, FTP Sumbang Paten Terbanyak di UB

Jan 26, 2022 15:25
Dekan FTB UB, Prof Dr Imam Santoso (Anggara Sudiongko/ MalangTIMES)
Dekan FTB UB, Prof Dr Imam Santoso (Anggara Sudiongko/ MalangTIMES)

JATIMTIMES - Fakultas Teknik Pertanian (FTP) Universitas Brawijaya (UB) menjadi penyumbang dan pengusung hak paten terbanyak se Indonesia. Hal ini dibenarkan oleh Dekan FTB UB, Prof Dr Imam Santoso, saat Dies Natalis ke 24 di Gedung Samanta Krida, Universitas Brawijaya, Rabu (26/01/2022).

Dijelaskannya, dalam dua tahun terakhir, FTP menjadi pengusul paten terbanyak di UB. UB sendiri menjadi pengusul paten terbanyak di Indonesia. Usulan paten tersebut sebagian besar dari FTP. Di usia yang kini mencapai 24 tahun, FTP UB, telah mematenkan lebih dari 60 inovasi dan karya prototipe.

"UB menjadi pengusul paten terbanyak se Indonesia. Sebagian besar dari FTP," terang Imam yang masih belum bisa menjelaskan jumlah paten dari FTP.

Lebih lanjut dijelaskan, tingginya jumlah paten mengindikasikan sejumlah hal yang positif. Pertama, FTP UB paling kreatif dan produktif dalam berkarya, baik dosen maupun mahasiswa.

Kedua, budaya riset di FTP juga sangat kuat dan luar biasa. Sebab, motivasi dosen tidak hanya menjalankan tugas pendidikan dan pengajaran, tetapi juga pada bidang penelitian yang mana hasil patennya menjadi bukti nyata.

Bahkan, riset dan output penelitian para akademisi FTP tidak sekadar sampai pada publikasi jurnal bereputasi. Di sini turut didorong dan dengan pembinaan dalam mengejar hak cipta atau paten yang itu berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

Dalam catatan, UB tercatat pada 2021 lalu mengajukan paten sebanyak 132 pengajuan. Pengajuan itu dilakukan selama Pandemi Covid-19.

Karena itu, UB kemudian mendapat piagam penghargaan dari Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia sebagai peringkat pertama permohonan paten tertinggi pada masa pandemi kategori universitas pada 5 November 2020 lalu.

Pihaknya juga menyampaikan, saat ini FTP sudah ada 11 program study. Bahkan, satu sudah terakreditasi International. Di tahun 2021, sudah devisit akreditasi internasional. Hasilnya, akan diketahui dalam 1 atau 2 bulan mendatang. 

Internasionaisasi menjadi visi. Untuk itu, salah langkah, akan dilakukan konferensi internasional setiap bulan. "Selain itu, sudah 6 program study disubmit untuk akreditasi internasional. Diharapkan, di tahun 2022 ini sudah 100  persen terkareditasi Internasional. Artinya, FTP UB terakreditasi Internasional," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
FTP UBUniversitas Brawijayahak paten

Berita Lainnya

Berita

Terbaru