Dua Pasien Covid-19 Varian Omicron di Kota Malang Sembuh

Jan 24, 2022 17:13
Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang dr Husnul Muarif saat ditemui awak media di Balai Kota Malang, Senin (24/1/2022). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)
Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang dr Husnul Muarif saat ditemui awak media di Balai Kota Malang, Senin (24/1/2022). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES- Kabar baik dari pasien Covid-19 varian Omicron di Kota Malang. Dua orang positif Covid-19 varian Omicron tanpa gejala atau masuk dalam kategori OTG (Orang Tanpa Gejala) dinyatakan telah sembuh.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang dr Husnul Muarif. Sebelumnya Pemkot Malang mengirimkan tiga sampel Whole Genome Sequencing (WPS) pekan lalu ke Pemerintah Provinsi Jawa Timur. 

"Hasilnya dua positif, tapi besok sudah masuk isolasi hari kesebelas, karena tanpa gejala sudah bisa dikategorikan isolasi selesai dan sembuh," ungkap Husnul kepada JatimTIMES.com, Senin (24/1/2022). 

Sayangnya, Husnul tidak menyebut dua orang maupun jenis kelamin dua orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 varian Omicron tersebut. Husnul pun tidak menjawab dan bersikukuh hanya menyebutkan jumlah yang terkonfirmasi varian Omicron yakni dua orang. 

Husnul mengatakan bahwa kedua orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 varian Omicron tersebut akibat kontak erat. Namun ketika ditanya lokasi atau pun kontak erat dengan siapa, Husnul enggan menjelaskan secara detail. 

"Tracingnya sudah semua, ada 12 (orang) untuk satu (kasus), dan 14 (orang) untuk (kasus) satunya, Alhamdulillaah semuanya negatif," terang Husnul. 

Lebih lanjut, dikarenakan kedua orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 varian Omicron tersebut termasuk kategori OTG, pihaknya menjelaskan bahwa dua orang tersebut melakukan upaya-upaya untuk meningkatkan imunitas. 

"Karena tidak ada gejala, yaitu meningkatkan imunitas, asupan yang cukup, istirahat yang cukup, (dua orang) nggak ada hubungan keluarga," jelas Husnul. 

Sementara itu, terkait rencana kedepan pihak Pemkot Malang melalui Dinas Kesehatan Kota Malang akan mengirimkan sampel WPS ke Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Husnul menyampaikan bahwa hal itu dilakukan ketika terdapat indikasi yang mengarah ke varian Omicron. 

Sebagai informasi, berdasarkan data yang tertera pada website infocovid19.jatimprov.go.id per hari Senin (24/1/2022) pukul 16.48 WIB terdapat penambahan 16 kasus konfirmasi positif Covid-19 sehingga total sebanyak 15.758 kasus. Kemudian terdapat penambahan 15 kasus aktif Covid-19, sehingga total sebanyak 97 kasus. 

Lalu terdapat satu pasien yang berhasil sembuh, sehingga total 14.528 kasus. Dan nihil penambahan kasus meninggal, sehingga total masih tetap yakni 1.133 kasus. Perkembangan Covid-19 di Kota Malang ini pun membuat recovery rate menjadi 92,19 persen dan fatality rate 7,19 persen. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
omicronCovid 19 variasi Omicronpasien omicronpasien omicron sembuh

Berita Lainnya

Berita

Terbaru