Bahas Isu Strategis Perguruan Tinggi, Unikama Jadi Tuan Rumah Rakor Pertinasia

Jan 23, 2022 18:37
Rapat Koordinasi Perguruan Tinggi Nasionalis Indonesia (Pertinasia) wilayah Jawa Timur di Unikama (Ist)
Rapat Koordinasi Perguruan Tinggi Nasionalis Indonesia (Pertinasia) wilayah Jawa Timur di Unikama (Ist)

JATIMTIMES - Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) menjadi tua rumah Rapat Koordinasi Perguruan Tinggi Nasionalis Indonesia (Pertinasia) wilayah Jawa Timur. Kegiatan tersebut mengundang 48 perguruan tinggi yang dilaksanakan pada (20/1/2022) secar daring.

Rapat koordinasi ini, membahas isu-isu strategis yang berkembang, untuk kemudian bisa dirumuskan langkah tentang solusi atas berbagai persoalan.

Rektor Unikama, Dr Pieter Sahertian, MSi menyampaikan, dalam rapat koordinasi diperkenalkan tentang Pertinasia dan program-program kedepan yang dapat memberikan manfaat bagi perkembangan Perguruan Tinggi. Hal tersebut di paparkan oleh Ketua Umum Pertinasia, Prof Dr Mulyanto Nugroho MM CMA CPA dan Sekretaris Jendral Pertinasia, Dr Andang Subahatiyanto.

"Terima kasih atas kehadiran para peserta bapak dan ibu kampus Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, kampus multikultur ini," tuturnya sapanya. 

2

Ia juga menyampaikan bahwa Pertinasia merupakan wadah berhimpun bagi Perguruan Tinggi, terutama Perguruan Tinggi swasta di Indonesia. Lahirnya Pertinasia berawal oleh keprihatinan terhadap pengembangan Pancasila di ranah pendidikan, terkhusus pada pendidikan tinggi. 

Hal ini juga didasarkan pada ketiadaan standar kurikulum, materi, dan kompetensi dosen pengampu mata kuliah Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi. Selain itu, Pertinasia terdorong oleh keinginan luhur untuk terus berperan dalam usaha peningkatan kecerdasan bangsa dan pengembangan ilmu pengetahuan atau teknologi bagi kemajuan dan kesejahteraan bangsa Indonesia berdasarkan Pancasila.

Sementara itu, Prof Dr Mulyanto Nugroho MM CMA CPA,  Ketua Umum Pertinasia, menyampaikan, jika Pertinasia merupakan Asosiasi nb yang telah berbadan hukum. Pertinasia merupakan bagaian dari kepanjangan tangan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dalam membumikan Pancasila.

1

"Pertinasia membantu pemerintah dalam membumikan Pancasila untuk membumikan Pancasila di tingkat pendidikan tinggi," papar pria yang juga Rektor Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya itu.

Pihaknya juga memaparkan, adanya Pertinasia juga diharapkan mampu memberikan pengaruh terhadap kebijakan pemerintah terkait akreditasi perguruan tinggi yang berbayar.  Kebijakan tersebut, merupakan salah satu hal yang cukup membebani perguruan tinggi, khusus perguruan tinggi swasta.

"Dengan bersinergi dan bergotong royong, saya yakin bisa menyuarakan (hal yang membebani perguruan tinggi swasta) kepada pemerintah," jelasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
UnikamaPieter Sahertianrektor pieter sahertianpertinasia

Berita Lainnya

Berita

Terbaru