Perhimpunan Dokter Penyakit Dalam Berkontribusi Bangun 32 ICT Korban Terdampak Erupsi

Jan 21, 2022 20:04
Ketua PAPDI Cabang Malang Dr dr Atma Gunawan yang menyerahkan bantuan secara simbolis kepada pihak ACT (Ist)
Ketua PAPDI Cabang Malang Dr dr Atma Gunawan yang menyerahkan bantuan secara simbolis kepada pihak ACT (Ist)

JATIMTIMES - Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) Cabang Malang, berkontribusi dalam Pembuatan Integrated Community Shelter (ICT) bagi korban erupsi Gunung Semeru 2022. 

Seperti diketahui, jika erupsi Gunung Semeru tanggal 4 Desember 2021 telah menimbulkan dampak yang besar terutama bagi warga yang hidup disekitarnya. Banyaknya korban terdampak yang kehilangan tempat tinggal akibat timbunan pasir dari erupsi Gunung Semeru, mengakibatkan banyak warga harus tinggal di tempat lain. 

Ketua PAPDI Cabang Malang Dr dr Atma Gunawan SpPD K-GH, FINASIM menyampaikan, melihat apa yang dialami, perlu melihat kesinambungan bantuan khususnya hunian untuk para korban bencana. 

Karenanya, pihaknya bersama para anggota PAPDI yang terdiri sekitar 150 an anggota memberikan bantuan 32 shelter dengan nilai total pembangunan sekitar Rp 284.000.000.

"Kami berharap dengan dengan kolaborasi bersama ACT, Huninan Sementara (Huntara)bisa segera selesai dan bisa dimanfaatkan dengan baik," jelasnya. 

32 shelter atau Huntara yang diberikan tentunya dapat dihuni oleh 32 kepala keluarga. Dari 32 shelter, saat ini akan diawali dengan realisasi 10 shelter yang juga dilengkapi dengan dapur, MCK dan lainnya. Pembangunan awal akan dilakukan di Desa Sumbermujur Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang.

Selain itu, PAPDI Cabang Malang juga melakukan kegiatan penggalangan dana dalam PAPDI PEDULI SEMERU. Kegiatan penggalangan dana yang dibuka sejak 5 Desember 2021 sampai saat ini masih terus berjalan dan dana yang telah terkumpul adalah sebesar Rp 302.251.934,. 

Donasi yang diterima tidak hanya dari anggota PAPDI Cabang Malang tetapi juga berasal dari organisasi/perkumpulan Iain dari seluruh Indonesia, seperti Pengurus Besar PAPDI Jakarta, PAPDI Yogyakarta, KOPAPDI Semarang, PAPDI Semarang, Alumni FK UNPAD Bandung Angkatan 2001, perkumpulan wali santri Pondok Tahfudz Al-Hikmah Bogor, dan donatur-donatur yang Iainnya

Bukan hanya itu saja, pihaknya juga berencana untuk memberikan bantuan dalam bentuk lain, yakni seperti pemeriksaan kesehatan warga terdampak. Namun untuk hak ini, pihaknya masih terus berkordinasi lebih lanjut.

Sementara itu, ACT Abidin Hanif dari ACT Malang menambahkan, ditargetkan 10 shelter akan segera direalisasikan dalam tempo sekitar 3 bulan. Distribusi dari shelter tersebut, nantinya akan diserahkan kepada pemerintah daerah. 

"Terkait pengaturan siapa-siapa yang menempati kita serahkan ke pemerintah,"pungkasnya. 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
papdi cabang malangerupsi gunung semerubantuan korban Semeru

Berita Lainnya

Berita

Terbaru