Beri Ruang Potensi Wisata, Kelurahan Dadarejo Miliki Balai Dusun Serasa Kantor Desa

Jan 21, 2022 19:09
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat berswafoto dengan ibu-ibu usai membuat batik di salah satu ruang khususnya membatik di Balai Lingkungan Dusun Areng-Areng, Kelurahan Dadaprejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Jumat (21/1/2022). (Foto: Irsya Richa/ MalangTIMES)
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat berswafoto dengan ibu-ibu usai membuat batik di salah satu ruang khususnya membatik di Balai Lingkungan Dusun Areng-Areng, Kelurahan Dadaprejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Jumat (21/1/2022). (Foto: Irsya Richa/ MalangTIMES)

JATIMTIMES - Setelah 10 tahun lamanya mangkrak, akhirnya Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko meresmikan Balai Lingkungan Dusun Areng-Areng, Kelurahan Dadaprejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Jumat (21/1/2022). Bisa dikatakan, balai dusun ini berbeda dan satu-satunya di Kota Batu.

Mengapa demikian, sebab balai dusun ini menampung semua potensi wisata yang dimiliki warga di Kelurahan Dadaprejo. Di balai dusun terdapat ruangan khusus untuk masing-masing potensinya. Balai yang berdiri di atas tanah seluas lebih kurang 400 meter persegi ini memiliki enam ruangan.

Setiap ruangannya memiliki fungsi yang berbeda-beda untuk kegiatan masyarakat dan desa wisata, mulai dari ruang Karan Taruna, kantor desa wisata, pelayanan kesehatan, ruang edukasi batik, ruang pelatihan gerabah dan ruangan masak yang dapat digunakan untuk live cooking.

Bahkan balai dusun tersebut, sudah terlihat seperti sebuah balai atau kantor desa. “Balai ini dibangun dalam rangka mewujudkan visi misi Kota Batu, yakni Desa Berdaya, Kota Berjaya,” ucap Lurah Dadaprejo, Rizal Firdaus.

Rizal menambahkan, Kelurahan Dadaprejo memiliki berbagai potensi wisata yang bisa dikembangkan, mulai dari tanaman anggrek, batik hingga gerabah. Sehingga seluruh potensi tersebut dapat dilihat dan dipelajari di Balai Lingkungan Dusun Areng-Areng, Dadaprejo, Kota Batu.

Setelah meresmikan Dewanti pun berkesempatan berkeliling di setiap ruangannya. Dewanti melihat ibu-ibu yang sedang membatik, dan sebagainya. Istri Eddy Rumpoko ini pun terkesan sebuah balai dusun yang menyerupai kantor desa.

“Saya juga surprise ini balai dusunnya ngalah-ngalahi kelurahan. Ke depan agar dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” kata Dewanti.

Ke depan Dewanti menginginkan agar bisa menjadi contoh bagi desa/kelurahan di Kota Batu. Bisa memberikan ruang untuk mengenalkan potensi wisata di masing-masing daerahnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Pemkot BatuDewanti Rumpokobalai dusun

Berita Lainnya

Berita

Terbaru