Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Kecelakaan Maut di Simpang Rapak Balikpapan, 4 Orang Tewas, Begini Kronologinya

Penulis : Desi Kris - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

21 - Jan - 2022, 12:44

Kecelakaan di Balikpapan. (Foto: Screenshoot)
Kecelakaan di Balikpapan. (Foto: Screenshoot)

JATIMTIMES - Video kecelakaan maut viral di media sosial hari ini Jumat (21/1/2022). Dalam video itu, terlihat truk tronton yang menabrak sejumlah kendaraan roda 2 dan roda 4. 

Kecelakaan itu terjadi di lampu merah Muara Rapak, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat, 21 Januari 2022 sekitar pukul 06.30 WITA. Kecelakaan terjadi saat jam sibuk warga kota hendak memulai aktivitasnya. 

Di video yang beredar, terlihat beberapa mobil dan sepeda motor yang rusak parah ditabrak truk tronton. Sementara korban yang oengendarai roda 2 tampak tergeletak di jalan. 

Dugaan sementara, kecelakaan maut ini dikarenakan truk yang mengalami rem blong. Akibatnya,  truk tersebut menghantam semua kendaraan di depannya yang berhenti saat lampu meran di perempatan Muara Rapak.. 

Kepala Bidang Humas Polda Kalimantan Timur Komisaris Besar Yusuf Sutejo mengatakan bahwa sopir truk diketahui berinisial MA, warga Balikpapan berusia 48 tahun. MA mengemudikan truk tronton dengan nopol KT 8534 AJ.

Sebelum kejadian, MA mengemudi truk sejak pukul 05.00 WITA dari lokasi parkir di Jalan Pulau Balang Km 13, Balikpapan Utara. Truk disebut memuat kontainer 20 fit  berisi kapur pembersih air dengan berat 20 ton.

Truk hendak menuju Kampung Baru Balikpapan Barat. Sesampai di depan Rajawali Foto Km 0,5, sopir disebut mulai mengurangi perseneling dari 4 ke 3.

Kemudian, sesampai di depan salah satu bank, rem sudah tidak berfungsi dan truk tronton meluncur  dan menabrak yang ada di depannya. Tragisnya, saat kejadian, banyak kendaraan yang berhenti di lampu merah tersebut. 

Akibat peristiwa ini, jatuh korban 4 orang meninggal dunia, 1 kritis,  4 orang luka berat, dan puluhan lainnya luka-luka. Selain itu, lampu merah di lokasi kejadian roboh dan pagar pembatas jalan rusak.  

Sementara, sejumlah kendaraan yang ditabrak yaitu 6 unit roda 4 (2 unit angkutan kota (angkot), 2 unit pikap, 2 unit kendaraan pribadi) dan 14 unit roda 4.

Para korban langsung dilarikan ke sejumlah rumah sakit terdekat di Balikpapan. Yakni Rumah Sakit Umum Kanujoso, Rumah Sakit Beriman, dan Rumah Sakit Ibnu Sina. 

Sementara itu, di media sosial juga ramai unggahan soal anak kecil yang selamat dari kecelakaan maut itu. Namun, orang tuanya disebut terluka parah.

“Tolong bantu share.. yang mengenal nomor plat Daihatsu Ayla KT 1887 NT (Samarinda) telah mengalami kecelakaan di Muara Rapak Balikpapan karena ada anak kecil yang sekarang orang tuanya luka parah.”


Topik

Peristiwa


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Desi Kris

Editor

Sri Kurnia Mahiruni