Pemkot Batu Serahkan 138 Sertifikat Redistribusi Tanah, Dewanti: Jaga dengan Baik, Jangan Dijual

Jan 20, 2022 18:59
Walikota Batu Dewanti Rumpoko bersama sejumlah masyarakat penerima Sertifikat Redistribusi Tanah.(Foto: Istimewa).
Walikota Batu Dewanti Rumpoko bersama sejumlah masyarakat penerima Sertifikat Redistribusi Tanah.(Foto: Istimewa).

JATIMTIMES- Pemerintah Kota (Pemkot) Batu menyerahkan Sertifikat Redistribusi Tanah kepada 113 KK yang ada di Dusun Kekep, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko menyerahkan sertifikat tersebut secara simbolis, pada Kamis (20/1/2022). 

Redistribusi tanah merupakan instrumen yang diambil Pemkot Batu untuk mencapai kesejahteraan petani. Terutama bagi petani yang belum memiliki tanah pertanian. Tujuannya, agar petani dapat memiliki tanah garapan untuk hidup dan kehidupannya. 

Tercatat ada sebanyak 138 Sertifikat Tanah seluas 3,7 hektar diserahkan kepada 113 KK.  Dengan rincian yakni sebanyak 107 sertifikat rumah untuk tempat tinggal, 24 bidang untuk pertanian serta 7 bidang untuk gudang dan kandang.

Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Batu Haris Suharto mengatakan bahwa sebelum masyarakat dapat menerima sertifikat tanah, terlebih dahulu telah dilakukan proses legalitas yang terbilang cukup panjang. 

“Ini adalah perjuangan yang panjang dan tidak lepas dari dukungan semua pihak, hingga akhirnya hari ini 113 KK bisa menerima tanah yang selama ini jadi milik negara,” kata Haris.

Sebagai catatan, Haris menjelaskan bahwa sertifikat yang diberikan tersebut tidak boleh dijual. Kecuali, dialihkan ke ahli waris atau jika terpaksa harus dijual, adalah karena keperluan yang mendesak. Seperti biaya pengobatan atau biaya pendidikan.

Sementara itu, Wali kota Batu Dewanti Rumpoko berharap agar masyarakat yang menerima sertifikat tersebut bisa memanfaatkannya dengan sebaik mungkin. Terutama, diharapkan bisa digunakan untuk menunjang aktivitas perekonomian. 

“Saya minta agar sertifikat ini dijaga dengan baik dan tidak sampai dijual. Manfaatkan ini untuk kehidupan keluarga dan aktivitas perekonomian,” ujar Dewanti di sela kegiatan. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Kota BatuDewanti Rumpokoharis suharto

Berita Lainnya

Berita

Terbaru