Musrenbang Kelurahan Klojen Usulkan 123 Program, Penanggulangan Banjir Masih Prioritas

Jan 20, 2022 14:25
Suasana musrenbang di aula Kelurahan Klojen, Kamis (20/1/2022). (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).
Suasana musrenbang di aula Kelurahan Klojen, Kamis (20/1/2022). (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Sederet  program usulan masyarakat di wilayah Kelurahan Klojen dibahas secara khusus dalam musyawarah pembangunan daerah (musrenbang) tingkat kelurahan tahun 2022, hari ini (Kamis, 20/1/2022).

Tahun ini, persoalan penanganan banjir menjadi salah satu yang masuk dalam usulan prioritas. Adapun dalam kesempatan ini, total  yang diajukan ke tingkat musrenbang tingkat kota sebanyak 123 usulan.

Lurah Klojen Nanang Taufik Hidayat mengatakan, total usulan pembangunan di Kelurahan Klojen tersebut terbagi atas 60 persen atau 79 program fisik. Sedangkan sisanya, 40 persen atau 44 lainnya, adalah program non-fisik. 

"Sebagian besar usulan fisik di kelurahan kami itu adalah pembuatan vertikal garden, pembuatan gorong-gorong, pavingisasi, perbaikan saluran, dan lainnya," ujarnya.

Nanang menjelaskan, usulan-usulan ini telah disesuikan dengan konesntrasi Pemerintah Kota (Pemkot) Malang saat ini. Yakni, bidang kesehatan, peningkatan ekonomi melalui UMKM, dan sarana prasarana penanggulangan banjir.

Karena itu, sebagian besar dalam kamus usulan di wilayah Kelurahan Klojen berkaitan dengan penanaganan banjir. Misalnya pembuatan gorong-gorong, drainase, hingga sumur resapan.

"Harapan kami sesuai kamus usulan ini. Mudah-mudahan minimal dapat mengurangi banjir yang ada di wilayah Klojen. Soalnya, ada beberapa titik yang kalau hujan pasti banjir. Di antaranya di depan BCA Jl Agung Suprapto itu, depan pasar Jl Trunojoyo, dan di Jl Tamrin," jelasnya.

Sedangkan pembuatan vertikal garden ini dimasukkan pula guna menambah nuansa asri di seluruh wilayah Kelurahan Klojen. Terlebih, setiap tahun Pemkot Malang membuat program lomba Kampung Bersinar.

"Kalau pembuatan vertikal garden ini untuk menambah estetika di kampung-kampung. Soalnya, kebetulan tiap tahun itu ada lomba Kampung Bersinar. Sehingga ini menjadi persiapan kita menyongsong itu," terangnya.

Pihaknya optimistis semua usulan pembangunan di wilayah Kelurahan Klojen bisa terakomodasi dan diwujudkan. Tentu saja dengan mengikuti skala prioritas yang diterapkan oleh Pemkot Malang.

"Kami optimistid ini akan terakomodasi. Nanti kan kota punya mapping, mana daerah yang rawan banjir dan itu disesuaikan usulan kita di tingkat kota," tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
MusrembangMusrembang Kelurahan KlojenPemkot MalangBerita Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru