Perumda Tirta Kanjuruhan Akan Digerojok Penyertaan Modal Rp 900 Miliar

Jan 18, 2022 19:34
Dirut Perumda Tirta Kanjuruhan, Syamsul Hadi.(Riski Wijaya/MalangTIMES).
Dirut Perumda Tirta Kanjuruhan, Syamsul Hadi.(Riski Wijaya/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Kanjuruhan Kabupaten Malang akan mendapat suntikan dana sekitar Rp 900 Milyar. Suntikan dana tersebut bersifat penyertaan modal bagi perusahaan penyedia saluran air bersih di Kabupaten Malang ini. 

Direktur Utama (Dirut) Perumda Tirta Kanjuruhan Kabupaten Malang, Syamsul Hadi mengatakan bahwa penyertaan modal tersebut nantinya tidak hanya bersumber pada anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kabupaten Malang saja. Namun juga bisa bersumber pada anggaran dari Pemerintah Pusat. 

"Angka tersebut adalah mangkok besar. Artinya masih belum ada detil itemnya apa saja. Karena nanti akan diberikan berupa barang," ujar Syamsul, Selasa (18/1/2022).

Menurut Syamsul, anggaran penyertaan modal sebesar itu sebagian besar akan digunakan untuk pengadaan sistem penyediaan air minum (SPAM). Terutama jika anggaran tersebut bersumber dari Pemerintah Pusat. 

Secara teknis, Syamsul menyebut bahwa penyertaan modal yang bersumber pada anggaran dari Pemerintah Pusat, akan dihibahkan melalui Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang. Yang kemudian dilanjutkan untuk diserahkan kepada Perumda Tirta Kanjuruhan

"Karena secara teknis tidak bisa Perumda Tirta Kanjuruhan menerima hibah dari Pemerintah Pusat. Dan dari Pemda, akan diserahkan ke Perumda Tirta Kanjuruhan berupa Perda Penyertaan Modal," terang Syamsul. 

Selain untuk pembangunan SPAM, penyertaan modal tersebut juga akan diarahkan untuk pemenuhan kebutuhan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). 

"Kalau yang dari Pemda, ya terkait MBR. Karena kita punya program MBR," tegas Syamsul. 

Menurut Syamsul, penyertaan modal dengan total yang hampir mencapai Rp 1 triliun tersebut bisa saja dialokasikan pemanfaatannya hingga beberapa tahun ke depan. Terlebih lagi, sebelum rencana tersebut direalisasikan, juga harus ada verifikasi dari beberapa pihak terkait dahulu. 

"Kalau SPAM nya banyak, puluhan ya, gak bisa disebutkan satu-satu. Makanya perlu ada verifikasi dulu. Setelah verifikasi baru bisa ada realisasi," pungkas Syamsul. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Perumda Tirta Kanjuruhan MalangPemkab Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru