Termasuk Malang, Berikut 7 Daerah di Indonesia yang Laporkan Kasus Covid-19 Varian Omicron

Jan 16, 2022 15:06
Varian Omicron (Foto: unair.ac.id)
Varian Omicron (Foto: unair.ac.id)

JATIMTIMES - Wabah virus Covid-19 hingga kini masih belum berakhir. Bahkan, belakangan muncul varian baru yakni Omicron. Penularan varian Omicron ini terus terjadi, termasuk di Indonesia. Ada 7 daerah di Indonesia yang sudah melaporkan kasus Covid-19 varian Omicron. 

Berikut ulasannya:

1. Jakarta

Kasus positif Covid-19 varian Omicron di DKI Jakarta kini semakin bertambah. Tercatat, kasus Omicron sudah mencapai 725 orang yang didominasi oleh pelaku perjalanan luar negeri.

"Dari 725 orang yang terinfeksi (Omicron), 75 persennya atau sebanyak 545 orang adalah pelaku perjalanan luar negeri, sedangkan 180 lainnya adalah transmisi lokal," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan DKI Jakarta Dwi Oktavia dalam keterangan tertulis, Jumat (14/1/2022).

Dwi juga melaporkan kenaikan kasus positif harian Covid-19 di Jakarta mencapai 554 orang. Total saat ini kasus aktif di Jakarta mencapai 3.325 orang.

2. Malang

Terdapat 3 warga Desa Banjararum, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur, yang dinyatakan terkonfirmasi Covid-19 varian Omicron. Saat ini mereka dalam kondidi stabil dan sedang menjalani isolasi serta perawatan di rumah isolasi terpadu di Rusunawa Kepanjen, Kabupaten Malang. 

Sementara, puluhan orang menjalani pemeriksaan terkait kontak erat dengan pasien terpapar. Ketiga orang tersebut merupakan warga RT 002 RW 010 Desa Banjararum, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur. 

Mereka adalah 2 ibu dan seorang anak berusia 16 bulan. Ketiganya sudah menjalani isolasi terpusat di Rusunawa Kepanjen sejak Jumat (14/1/2022).

3. Bogor

Varian Omicron juga terdeteksi di Kabupaten Bogor. Salah 1 warga Kecamatan Dramaga, Bogor, dinyatakan positif varian baru Omicron.

"Bisa kami sampaikan bahwa khusus Kabupaten Bogor dari 5 wilayah Korem kita, memang ada 1 yang kena di Dramaga," ujar Danrem 061/Surya Kencana Brigjen Achmad Fauzi.

Warga itu diketahui sempat kontak erat dengan 10 orang. Namun semuanya dinyatakan negatif setelah melalui tes PCR dan WGS. Achmad mengatakan pasien tersebut saat ini tengah menjalani diisolasi di Purwasari Dramaga. 

4. Tangerang Selatan

Ada 4 warga Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Banten, yang dinyatakan positif varian Omicron. 3 di antaranya yakni kasus transmisi lokal.

"Satu kasus yang berasal dari perjalanan luar negeri adalah kasus perempuan usia 34 tahun setelah ada kunjungan kerja di Amerika Serikat. Adanya tiga kasus transmisi lokal tersebut menambah jumlah kasus konfirmasi positif Omicron di Indonesia," ujar Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie.

Pak Ben, sapaan akrabnya, mengatakan warganya yang positif Covid-19 itu diketahui dari perjalanan luar negeri dan masih dirawat di rumah sakit. Ia juga mengatakan pasien tersebut sudah menjalani karantina sejak tiba di Indonesia.

5. Bandung

Satu keluarga di Kabupaten Bandung diduga terpapar Omicron. Saat ini 1 keluarga terdiri 5 orang itu menjalani karantina di RSUD Al Ihsan Provinsi Jawa Barat di Baleendah, Kabupaten Bandung.

Dirut RSUD Al Ihsan Dewi Basmala membenarkan telah menerima 1 keluarga terkonfirmasi positif Covid-19 yang diduga jenis Omicron. 

"Iya betul, awalnya satu orang. Terus sebetulnya orang itu sudah dilakukan karantina, dan orang itu sudah negatif," kata Dewi.

Dewi lantas mengatakan jika mereka sempat mengalami gejala panas dan demam. 

6. Medan

Seorang warga dari Medan, Sumatera Utara (Sumut), dinyatakan positif Covid-19 varian Omicron. Pasien diketahui sempat singgah di SCBD.

Pasien tersebut langsung diisolasi di RS Sulianti Saroso usai diketahui positif Omicron.

7. Surabaya

Kasus positif Covid-19 varian Omicron di Surabaya juga kembali bertambah. Total pasien Omicron di Surabaya kini ada 4 orang. "Ada lagi sekarang Omicron di Surabaya 4 (Orang)," terang Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi. 

Menurut Eri, tambahan pasien tersebut terdeteksi setelah pulang dari Jakarta. Usai terdeteksi, 4 pasien itu langsung diisolasi di rumah sakit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
omicroncovid varian baruvarian omicron

Berita Lainnya

Berita

Terbaru