Cegah Bencana, Dinas Sosial Jatim Tanam Ribuan Pohon di Hutan dan Pinggir Sungai

Jan 16, 2022 14:03
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat melakukan menanam pohon di Aliran Sungai Brantas Kota Batu, Minggu (16/1/2022).
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat melakukan menanam pohon di Aliran Sungai Brantas Kota Batu, Minggu (16/1/2022).

JATIMTIMES - Penanaman pohon terus digencarkan banyak kalangan pasca banjir bandang 4 November 2021 silam yang meluluhlantahkan kawasan Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Kali ini ribuan bibit pohon ditanam Dinas Sosial Provinsi Jatim di sisi kiri dan kanan sungai di Kota Batu, Minggu (16/1/2022).

Tercatat ada 8.500 bibit bibit pohon ditanam mulai dari Hulu Sungai Brantas, di Desa Giripurno Kec Bumiaji, Kelurahan Temas Kecamatan Batu, dan Aliran Sungai Brantas Kota Batu.

Kali ini penanaman dilakukan oleh Dinas Sosial Provinsi Jatim sebagai wujud aksi nyata dalam pelestarian lingkungan. Karena itu kegiatan tanam pohon ini mengajak seluruh elemen masyarakat hingga para pelajar.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Jatim, Alwi mengatakan, penanaman pohon ini menjadi salah satu bentuk edukasi kepada masyarakat pentingnya menjaga kelestarian alam. Penghijauan dilakukan untuk mencegah bencana yang kerap terjadi di Kota Batu yakni tanah longsor.

Selain itu juga untuk mengantisipasi terjadinya banjir bandang. “Hari ini di Kota Batu kita menanam 5.000 bibit, selain untuk mengedukasi masyarakat untuk menjaga alam, ini adalah aksi nyata untuk mencegah bencana, seperti banjir dan tanah longsor” ucap Alwi.

Bencana yang terjadi di Kota Batu pada bulan November 2021 meningkatkan kewaspadaan bagi pemerintah dan masyarakat untuk mengembalikan kelestarian alam dan fungsi lahan.

Sementara itu Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko menambahkan, Jawa Timur khususnya Kota Batu memiliki resiko tinggi bencana banjir dan tanah longsor. Karena itu salah satu upaya dengan kegiatan penanaman pohon dengan bergandengan bersama masyarakat.

“Dengan menjaga lingkungan, kita menjaga hajat orang banyak, kita kembalikan alam kita seperti sedia kala, walaupun prosesnya panjang, saya yakin dengan semangat yang kita miliki, hal itu bisa dilakukan” ujar Dewanti.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Dinas SosialDewanti RumpokoKota Batu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru