5 Manfaat Kayu Manis untuk Mengontrol dan Mencegah Penyakit, Termasuk Kanker

Jan 15, 2022 08:42
Kayu manis (Foto: saribundo.biz)
Kayu manis (Foto: saribundo.biz)

JATIMTIMES - Kayu manis mempunyai beberapa kandungan zat aktif yang ternyata bisa digunakan sebagai obat alami untuk beberapa penyakit. Kayu manis ini juga mudah untuk didapatkan. 

Ada beberapa manfaat kayu manis untuk beberapa penyakit. Apa saja? 

Dirangkum melalui kanal Youtube dr Fery Juliawan pada Sabtu (15/1/2022), berikut lima manfaat kayu manis untuk mengontrol dan mencegah beberapa penyakit:

1. Mengontrol kadar gula darah

Menurut dr Fery Juliawan, kandungan zat aktif yang ada di dalam kayu manis punya manfaat menurunkan kadar gula darah dengan cara meningkatkan metabolisme glukosa. Yakni dengan meningkatkan transportasi glukosa ke dalam sel sehingga glukosa banyak dipakai dalam sel dan kadar glukosa akan turun.

Kayu manis juga bisa meningkatkan kerja kadar insulin. Caranya sangat mudah, yakni dengan menyiapkan dua batang kayu manis lalu rendam dalam satu gelas air dan diamkan beberapa jam atau bisa satu harian. 

Kemudian minum keesokan harinya. Minum air rendaman kayu manis satu kali sehari. 

2. Menurunkan tekanan darah

Kayu manis juga mengandung flavonoid yang berfungsi menurunkan tekanan darah. Caranya dengan menyiapkan satu batang kayu manis atau bubuk kayu manis, satu gelas air, madu secukupnya. 

Lalu rebus air sampai mendidih dan masukkan satu sendok makan bubuk kayu manis tadi. Setelah mendidih, diamkan sampai hangat. Kemudian tambahkan satu sendok makan madu dan minuman siap dikonsumsi.

3. Anti-inflamasi

Kandungan falvonoid dan polifenol di kayu manis bisa membantu mengatasi peradangan dan digunakan untuk membantu proses penyembuhan luka. Selain itu, bisa mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas.

4. Menurunkan kadar kolesterol

Menurut dr Fery, beberapa kandungan zat aktif dalam kayu manis ini juga dipercaya bisa menurunkan kadar kolesterol jahat LDL.

5. Mencegah kanker

Dokter Fery juga menyampaikan bahwa kayu manis memiliki zat antioksidan yang dipercaya mampu menghambat pertumbuhan sel kanker.

Topik
Kayu manisKayu manisdigitalisasi pasarTips Hidup Sehat

Berita Lainnya

Berita

Terbaru