Vertigo Kambuh? Atasi dengan 4 Bahan Rempah Ini

Jan 14, 2022 09:17
Ilustrasi (Foto: unsplash.com)
Ilustrasi (Foto: unsplash.com)

JATIMTIMES - Keluhan vertigo bisa terjadi beberapa menit maupun beberapa jam kemudian hilang atau bahkan sampai berhari-hari. Saat serangan vertigo datang, maka akan merasakan sensasi yang sangat tidak nyaman seperti dunia terasa berputar-putar. 

Selain itu juga bisa merasakan seperti gempa kemudian juga bisa disertai dengan rasa mual atau muntah. Jika serangan tadi datang secara tiba-tiba atau bisa berlangsung berhari-hari tentu saja bisa menghambat aktivitas.

Lantas, bagaimana mengatasi vertigo jika muncul secara tiba-tiba? Berikut dr. Saddam Ismail memberikan cara untuk mengatasi vertigo hanya dengan mengkonsumsi rempah-rempah, seperti dilansir melalui kanal YouTube Saddam Ismail yang diunggah pada 11 Januari 2022.

Bahan apa saja yang digunakan? 

1. Ketumbar

Biji ketumbar bisa menjadi pereda vertigo dan punya efek anti radang. Apabila telinga bagian tengah mengalami peradangan akibat virus ataupun bakteri yang menjadi penyebab vertigo, hal itu bisa diredakan dengan menggunakan ketumbar.

Ketumbar juga kaya akan zat besi sehingga bisa membantu melancarkan peredaran darah dan membantu proses penyembuhan vertigo.

Berikut cara membuatnya:

- Rebus air mendidih misalkan satu gelas ataupun 2 gelas bebas
- Masukkan ketumbar 1 sendok makan atau 2 sendok makan
- Kemudian biarkan direbus kurang lebih 1-2 menit
- Tunggu hingga dingin, setelah dingin baru disaring
- Air rebusan siap diminum

2. Jahe

Menurut dr. Saddam Ismail jahe bisa membantu mengurangi keluhan mual-mual, muntah dan pusing saat vertigo.

Jahe juga bisa membantu melancarkan peredaran darah dan anti radang. Kalian juga bisa mengkonsumsi ekstrak jahe maupun air rebusan jahe untuk mengatasi vertigo.

Bisa diminum secara langsung atau ekstrak jahe tadi dicampur dengan teh atau menambahkan daun mint agar rasanya lebih segar.

3. Daun selasih ataupun basil

Daun selasih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, bisa sebagai antibakteri dan antiradang sehingga bisa membantu penyembuhan vertigo.

Mengkonsumsi daun selasih ini juga membantu mengurangi kepala yang berputar-putar saat serangan vertigo datang.

4. Ginkgo Biloba

Tanaman ginkgo biloba juga dapat membantu meredakan gejala vertigo, melancarkan peredaran darah, antioksidan sehingga bisa membantu melindungi sel-sel saraf otak.

Untuk mengatasi serangan vertigo gunakanlah seduhan daun ginkko biloba  kering maupun seduhan tadi dicampur dengan teh. Bisa juga mengkonsumsi suplemen atau esktrak daun ginkgo biloba.

Topik
atasi vertigocara mengobati vertigodoa bahagiaTasya Febby Yolanda

Berita Lainnya

Berita

Terbaru