UIN Maliki Malang Dipercaya Kembangkan Aplikasi Jogo Ngalam, Polresta Malang Kota Perkaya Fitur Layanan

Jan 12, 2022 20:14
Proses berjalannya rapat antara pihak Polresta Malang Kota dengan pimpinan Fakuktas Sains dan Teknologi UIN Maliki Malang di Malang Command Center (MCC), Rabu (12/1/2022). (Foto: Humas Polresta Malang Kota)
Proses berjalannya rapat antara pihak Polresta Malang Kota dengan pimpinan Fakuktas Sains dan Teknologi UIN Maliki Malang di Malang Command Center (MCC), Rabu (12/1/2022). (Foto: Humas Polresta Malang Kota)

JATIMTIMES - Polresta Malang Kota menjalin kerjasama dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim (Maliki) Malang terkait pengembangan dan penambahan fitur pada Aplikasi Jogo Ngalam. 

Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Budi Hermanto menjelaskan, pihaknya menggandeng Fakultas Sains dan Teknologi UIN Maliki Malang untuk menyempurnakan Aplikasi Jogo Ngalam dengan menambahkan beberapa fitur baru. 

"Tentunya tambahan layanan masyarakat seperti (informasi) rumah sakit, tempat wisata, layanan pengaduan masyarakat terhadap kebutuhan masyarakat intinya tidak hanya di bidang kepolisian," ungkap perwira polisi yang akrab disapa Buher kepada JatimTIMES.com, Rabu (12/1/2022). 

Pihaknya juga telah merancang agar Aplikasi Jogo Ngalam dapat terintegrasi pada beberapa layanan masyarakat, agar dapat di akses oleh masyarakat Malang Raya. Nantinya, masyarakat berdomisili di Kota Malang maupun berasal dari luar Kota Malang masih dapat mengakses dan menikmati layanan yang ada di Aplikasi Jogo Ngalam. 

Salah satu contohnya, pihaknya akan membangun kerjasama dengan rumah sakit. Sehingga operator Jogo Ngalam dapat menjalin kerjasama dengan PIC (Person In Charge) yang berada di rumah sakit, untuk memberikan informasi terkait ketersediaan ruang UGD, ruang rawat inap dan ambulans. 

"Terus terhadap yang gangguan PLN, gangguan Telkom, PDAM, jalan rusak, pemadam kebakaran, banyak yang kami kembangkan," kata Buher.

Lebih lanjut, Buher pun menuturkan alasan pihaknya menggandeng UIN Maliki Malang untuk pengembangan Aplikasi Jogo Ngalam, dikarenakan jalinan kerjasama yang sudah terjalin dalam beberapa program dengan UIN Maliki Malang berjalan dengan sukses. 

"Dilihat dari beberapa waktu lalu kami memang dengan UIN melaksanakan vaksin, kita juga sharing dengan UIN," ujar perwira polisi yang baru saja naik pangkat dengan tiga melati dipundaknya ini. 

Polresta Malang Kota bersama UIN Maliki Malang.

Namun, yang pasti pihaknya tidak menutup diri terhadap kampus-kampus, civitas akademis dan elemen masyarakat yang ada di Kota Malang untuk membesarkan Polresta Malang Kota.

Sementara itu, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Fakultas Sains dan Teknologi UIN Maliki Malang Dr Suheriyanto mengatakan, kehadiran UIN Maliki Malang dalam pengembangan Aplikasi Jogo Ngalam ini sifatnya membantu Polresta Malang Kota. 

"Kita memberikan informasi apa yang kita bisa lakukan untuk sama-sama mengembangkan institusi negara," ujar Dwi. 

Dalam tahap pertama, saat ini pihaknya terlebih dahulu akan mengevaluasi berjalannya Aplikasi Jogo Ngalam selama ini, untuk bahan dalam melakukan penambahan fitur-fitur Aplikasi Jogo Ngalam.

Selain itu, pihaknya juga akan meminta kepada pihak yang melakukan developer Aplikasi Jogo Ngalam untuk membuka akses aplikasi agar dapat digunakan oleh masyarakat luar Kota Malang. 

"Sehingga semua warga yang ke Kota Malang atau lewat Kota Malang memerlukan informasi, cukup membuka aplikasi itu dan semuanya ada informasinya," tutur Dwi. 

Nantinya pada penambahan fitur Aplikasi Jogo Ngalam, tersedia informasi-informasi layanan masyarakat. Salah satu contohnya, ketika ada masyarakat dari dalam maupun luar Kota Malang yang ingin mencari informasi mengenai kampus di Kota Malang, dapat mengakses Aplikasi Jogo Ngalam. 

"Semuanya kepinginnya ada disitu dan cukup dengan aplikasi itu memenuhi keinginan warga Kota Malang," pungkas Dwi. 

Topik
Polresta Malang KotaUIN MalangUIN Maliki Malangkorupsi proyekKota MalangBerita Malang terkiniBerita Jatim

Berita Lainnya

Berita

Terbaru