Temu Kangen Lintas Generasi, Prodi Pendidikan Geografi Unikama Minta Alumni Berpartisipasi Kembangkan Prodi

Jan 12, 2022 12:54
Program Studi (Prodi) Pendidikan Geografi Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) menggelar kegiatan temu kangen lintas generasi (Ist)
Program Studi (Prodi) Pendidikan Geografi Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) menggelar kegiatan temu kangen lintas generasi (Ist)

JATIMTIMES - Program Studi (Prodi) Pendidikan Geografi Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) menggelar kegiatan temu kangen lintas generasi. Kegiatan dilaksanakan pada Minggu (10/1/2022) secara luring di Aula Sarwakirti Unikama sesuai dengan prokes.

Bertajuk ‘Menjalin Silaturahmi Mendekatkan yang Jauh, Mempererat yang Dekat’ kegiatan ini dihadiri oleh alumni dari berbagai daerah. Sekitar 150 alumni hadir dari generasi pertama hingga tahun 2021 dan begitu antusias dan berbaur mengenang masa kuliah.

Kaprodi Pendidikan Geografi Dr Suwito MPd,  menyampaikan selain mempererat silaturahmi, kegiatan ini juga bertujuan untuk jaring aspirasi dengan diskusi bersama para alumni yang digunakan untuk mengembangkan Tri Dharma Perguruan Tinggi.  

1

“Tujuannya juga membantu Prodi Pendidikan Geografi untuk mengembangkan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Ya, penelitian terus pengajaran dan pengabdian kepada masyarakat,” ungkap Suwito.

Bukan hanya itu saja, pengimplementasian Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) juga dijalankan prodi Pendidikan Geografi. Karenanya, dalam hal ini pihaknya juga meminta para alumninya untuk bisa berkontribusi dalam pengembangan MBKM.   “Sebab itu kami mengumpulkan alumni dan membentuk satuan ikatan alumni geografi. Nantinya mereka diharapkan menarik mahasiswa baru," papar Suwito.

Pengembangan kurikulum MBKM di prodi pendidikan geografi masih berfokus pada proses output.  Karena itu, mulai dari proses input, benar-benar menjadi perhatian karena berkaitan dengan kualitas dan kuantitas mahasiswa. Saat ini Prodi Pendidikan Geografi juga telah melakukan pengiriman  mahasiswa untuk pertukaran pelajar.

 “Bisa memaksimalkan kurikulum MBKM, salah satunya Prodi bisa mengakomodir antara kebutuhan dari stakeholder industri lembaga pemerintah dan sebagainya,” imbuh Suwito.

Di samping itu, dalam kegiatan ini juga dilaksanakan pelantikan pengurus Ikatan Keluarga Alumni (IKABA). Hal ini bertujuan agar pengurus juga dapat menarik mahasiswa baru bergabung ke Prodi Pendidikan Geografi. Pelatikan juga dihadiri oleh Ketua IKABA Unikama, Dr Nawaji MPd.

Melalui pelantikan itu, diharapkan seluruh pengurus yang dilantik konsisten untuk memajukan prodi pendidikan geografi pada berbagai sisi, yang tentunya bertujuan menciptakan mahasiswa yang berkarakter dan berjiwa mandiri. "Diperlukan juga melakukan analisis perguruan. Baik dari lembaga pendidikan dan industri. Dan alumni salah satu pendukungnya," pungkas Suwito.

Topik
Unikamapansus greenfieldsmahasiswa unikama

Berita Lainnya

Berita

Terbaru