Sempat Tertinggi di Jatim, Kasus Aktif Covid-19 di Kabupaten Malang Turun Drastis

Jan 11, 2022 09:34
Pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Malang.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).
Pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Malang.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Pergerakan covid-19 di Kabupaten Malang semakin menunjukkan tren positif. Hal itu terlihat dari jumlah kasus aktif covid-19 di Kabupaten Malang yang berangsur turun hingga saat ini. 

Sekitar sepekan lalu, kasus aktif covid-19 di Kabupaten Malang malah sempat menjadi yang tertinggi di Jawa Timur. Saat itu kasus aktif covid mencapai 28 kasus.

Saat ini,  dikutip dari akun Twitter resmi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur, @JatimPemprov, jumlah kasus aktif covid-19 di Kabupaten Malang saat ini tinggal 3 kasus. Sementara tertinggi ada di Kota Surabaya dan Kabupaten Gresik, hang sama-sama terdapat 7 kasus aktif.

Berdasarkan data yang ada di laman satgascovid19.malangkab.go.id, 3 pasien yang masih tercatat sebagai kasus aktif covid-19 tersebut masing-masing berasal dari Kecamatan Bantur, Kepanjen dan Lawang. 

Selain itu, tren positif juga ditunjukkan dalam zonasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di tingkat RT.  Saat ini, dari total 14.947 RT yang ada di Kabupaten Malang, hanya ada 3 RT yang masih berada di zona kuning. Ketiga RT tersebut masing-masing ada di Kecamatan Jabung, Kromengan, dan Lawang.

Bupati Malang HM Sanusi menegaskan bahwa saat ini pihaknya terus melakukan upaya untuk menekan peredaran covid-19. Setidaknya, hal itu juga dia tegaskan bersama seluruh jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Malang.

Bukan hanya sekeladar penanganan dan pencegahan. Sanusi juga menargetkan bahwa dalam waktu dekat, di Kabupaten Malang sudah bisa kembali pada kondisi zero covid-19 seperti beberapa waktu lalu.

"Saya koordinasi ke muspika, dengan Pak Dandim, Pak Sekda dan Pak Kapolres sudah terjun ke kecamatan-kecamatan, untuk menjaga supaya angka covid-19 kembali ke zero lagi," ujar Sanusi.

Salah satu instrumen yang masih terus dilakukan untuk mencegah laju penyebaran covid-19 adalah dengan menggenjot vaksinasi. Saat ini, vaksinasi di Kabupaten Malang sudah mencapai 83,52 persen.

Rinciannya sudah ada sebanyak 1.735.864 jiwa yang telah divaksin dosis pertama. Juga ada 9.123 yang telah divaksin hingga dosis ketiga. Sementara, capaian vaksinasi lansia hingga saat ini sudah mencapai 61,42 persen untuk dosis pertama. Sedangkan vaksinasi anak sudah mencapai 68,39 persen dosis pertama.

Khusus untuk vaksinasi anak, Pemkab Malang menargetkan bisa mencapai 85 persen pada akhir Januari 2022 ini.

Topik
Pemkab MalangBupati Malang HM SanusiAktor sinetron Ikatan CintaVaksinasi Covid 19

Berita Lainnya

Berita

Terbaru