Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Politik

Dianggap Kurang Pintar dan Posisinya di BRIN Disorot, Megawati Tertawa

Penulis : Desi Kris - Editor : A Yahya

10 - Jan - 2022, 13:30

Megawati Soekarnoputri (Foto: IST)
Megawati Soekarnoputri (Foto: IST)

JATIMTIMES - Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri berbicara soal posisinya sebagai Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yang sempat mendapat keraguan dari beberapa pihak. Megawati menyinggung bahwa ia dianggap kurang pintar.

Hal tersebut diungkapkan Megawati saat menyampaikan pidato pada HUT ke-49 PDIP. Awalnya Megawati bercerita terkait permasalahan harga sembako meski Indonesia telah lama merdeka.

"Saya sendiri Pak Jokowi, bayangkan, saya kan sering lihat toh, kemarin harga cabai sekian, harga minyak goreng sekian, bawang merah sekian. Aneh menurut saya, kok klasik amat ya. 76 tahun merdeka loh, masih sih begitu saja, di mana ya salahnya? Ini autokritik," kata Megawati melalui kanal YouTube PDI Perjuangan, Senin (10/1/2022).

Megawati lalu menyampaikan kritiknya saat menjadi anggota Dewan soal harga sembako. Mantan Presiden ke-5 RI itu menyebut petani sering mengeluhkan masalah bawang.

"Saya juga mengkritik ketika di DPR, saya sering kali itu makanan saya tiap hari, tahu-tahu saya mesti ke mana, itu karena petani-petani minta Ibu Mega datang. Karena kenapa kok harga bawang ini kelihatannya akan jatuh, ya karena daerah saya Jawa Tengah, saya larilah ke Jawa Tengah, saya menanyakan, kenapa, kenapa. Jadi menurut saya jalan, pengalaman saya seperti makan nasi tiap hari, tapi kok masih hari ini kok masih klasik, sebetulnya ada apa ya?" ungkap Megawati.

Lebih lanjut, Megawati kemudian mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) karena telah membentuk BRIN. Ia mengaku heran karena orang banyak menyorot dirinya yang ditunjuk sebagai Ketua Dewan Pengarah BRIN.

"Pak Jokowi saya berterima kasih loh, Bapak membentuk BRIN loh. Cuman banyak orang nanya kenapa Pak Jokowi yang dijadikan saya lagi, gitu," kata Megawati. 

Ia lantas mengatakan bahwa menjadi Ketua Dewan Pengarah BRIN bukanlah permintaannya. Megawati pun merasa aneh kenapa posisinya disorot.

“Lah saya ya bilang yang nyuruh saya Presiden loh, emangnya mau-maunya saya sendiri, coba toh. Aneh ya. Terus saya dengar Pak Kepala BRIN diwawancara, eh saya ya tetap disinggung. Kenapa yang dijadikan ketua dewan pengarah Ibu Mega? Gitu. Pak Handoko lalu bilang, loh saya kok dengar yang ngomong research itu Pak Habibie dan Ibu Mega.”.

Megawati pun beranggapan bahwa orang-orang menilai dirinya kurang pintar. Ia mengaku suka ketawa-ketawa sendiri saat memikirkan hal tersebut.

"Saya mungkin kurang bisa ngomong kali ya Pak Jokowi, jadi orang kayaknya apa sih? Saya dianggap... heh, barangkali ya, heh, kurang pintar. Saya suka ketawa sendiri," kata Megawati. 


Topik

Politik


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Desi Kris

Editor

A Yahya