Kuota Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap Kota Batu Turun, 2 Desa Dapat Jatah 3 Ribu Sertifikat

Jan 10, 2022 08:01
Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso saat menyerahkan sertifikat tanah kepada warga di Balai Kota Among Tani. (Foto: istimewa)
Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso saat menyerahkan sertifikat tanah kepada warga di Balai Kota Among Tani. (Foto: istimewa)

JATIMTIMES - Kota Batu kembali mendapatkan jatah program strategis nasional Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Kuota yang diberikan sebanyak 3 ribu sertifikat untuk PTSL.

Tiga ribu sertifikat itu diberikan kepada dua desa. “Untuk dua desa di Kecamatan Batu, Desa Sidomulyo dan Desa Sumberejo,” kata Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Batu Haris Suharto.

Sertifikat terbanyak untuk Desa Sidomulyo sejumlah 2 ribu bidang. Sementara Desa Sumberejo mendapatkan jatah seribu bidang. 

Meski demikian, jumlah 3 ribu itu turun jika dibandingkan tahun 2021 silam. Sebab, kuota tahun 2021, Kota Batu yang mendapatkan sekitar 13.500. “Ada penurunan kuota untuk program ini,” ucap Haris.

Saat ini tim penyuluh tengah melakukan penyusunan dan jadwal pelaksanaannya tahun ini. Dalam PTSL, desa membentuk kelompok masyarakat (pokmas) untuk melakukan pendataan pemohon dan membantu pemohon melengkapi format yang dianjurkan oleh BPN seperti letter C dan  riwayat tanah.

Pemohon bisa melengkapi fotokopi KTP, fotokopi KK, fotokopi letter C sendiri sesuai KTP, fotokopi SPPT-PBB terbaru, surat pernyataan penguasaan fisik yang diketahui dua orang saksi, sketsa tanah, nama dan tanda tangan batas tanah, serta mencantumkan letak tanah.

Menurut Haris, karena kuota tahun 2022 ada penurunan, jatah itu harud dimanfaatkan dengan maksimal oleh warga di dua desa tersebut. “Apalagi 3 ribu sertifikat ini, yang dapat bagian hanya dua desa. Jadi, mari dimanfaatkan,” tandas Haris.

Apalagi pembiayaannya cukup murah. Warga hanya dibebankan biaya kurang lebih Rp 150 ribu.

 

Topik
pendaftaran tanah sistem lengkap (PTSL)Pemkot Batuberita kota batu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru