Pasca Bencana, PCNU Lumajang Waspadai Masuknya Paham Radikal Berdalih Kemanusiaan

Jan 08, 2022 19:37
Plt Ketua PCNU Kabupaten Lumajang Jamulddin saat memberikan sambutan (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Plt Ketua PCNU Kabupaten Lumajang Jamulddin saat memberikan sambutan (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Lumajang turut mewaspadai adanya ideologi atau paham radikal yang masuk ke  wiilayahnya. Hal tersebut dibenarkan Plt Ketua PCNU Kabupaten Lumajang Jamulddin. 

Dijelaskannya, jika saat pasca bencana juga menjadi persoalan tersendiri. Sebab, berkaca dari daerah lain saat bencana rentan masuk paham radikal atau ideologi dengan dalih kemanusiaan. Banyak musala yang terdampak bencana diduduki oleh ormas-ormas yang mengatasnamakan kemanusiaan.

Dikhawatirkan, dengan memanfaatkan masyarakat yang tengah butuh bantuan, dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang memiliki ideologi radikal. Akan tetapi, PCNU Kabupaten Lumajang, menggerakkan semua elemen dalam rangka mencegah masuknya ideologi atau paham radikal. 

"InsyaAllah semua bergerak guna melakukan antisipasi agar semua tetap dengan bendera yang sama," tegasnya.

Rabithah Ma'ahid Islamiyah (RMI) saat ini juga telah mendirikan madrasah-madrasah Diniyah (Madin) darurat di tenda-tenda. Kegiatan pembelajaran dan keagamaan sudah mulai berjalan, sehingga hal tersebut diharapkan bisa mencegah adanya paham-paham atau ideologi yang menyesatkan. 

"Mudah-mudahan ideologi lain, meskipun mereka atas nama kemanusiaan tapi tidak bisa menanamkan ideologinya," jelas Jamulddin.

Ketua Pimpinan Wilayah LP Ma'arif NU Jawa Timur KH Noor Shodiq Askandar menambahkan, pihaknya turut mewaspadai hal tersebut. Saat ini telah diterjunkan Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) maupun Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama  (IPPNU) dalam upaya mencegah masuknya paham radikal pasca bencana.

"Mereka masuk memberikan pembelajaran-pembelajaran agama dan yang lainnya. Termasuk juga dari RMI juga mengirimkan ustad-ustad nya ke Lumajang," pungkasnya.

Topik
PCNU LumajangFaham RadikalDishub Pemkot Batu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru