PDIP Sebut Putra Jokowi dan Risma Berpeluang Diusung sebagai Calon Gubernur DKI Jakarta 2024

Jan 08, 2022 12:13
Gibran Rakabuming dan Tri Rismaharini (Foto: IST)
Gibran Rakabuming dan Tri Rismaharini (Foto: IST)

JATIMTIMES - PartaiDemokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) bakal mempersiapkan jago yang  diusung menjadi gubernur DKI Jakarta pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 mendatang.

Dalam hal ini, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto  menyebut nama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan Menteri Sosial Tri Rismaharini. PDIPmenilai, kedua figur tersebut berpeluang untuk diajukan partainya pada Pilkada DKI Jakarta mendatang.

Hasto menilai keduanya memiliki potensi yang kuat karena telah memiliki rekam jejak sebagai kepala pemerintahan di daerah masing-masing. Gibran, yang juga putra perrama Presiden Joko Widodo (Jokowi), saat ini menjabat wali kota Solo. Sedangkan Risma adalah mantan wali kota Surabaya dua periode.

"Bu Risma dalam kepemimpinan selama dua periode di Surabaya mampu menunjukkan perubahan yang signifikan. Mas Gibran sudah terpilih sebagai wali kota Solo,. Tentu saja harus juga membuktikan bagaimana kepemimpinan Mas Gibran," kata Hasto.

Bukan cuma dua nama pesohor tersebut. PDIP juga melakukan proses kaderisasi di Sekolah Partai PDIP. Bagi PDIP,  orang-orang di sekolah partai tersebut layak diajukan sebagai calon gubernur DKI Jakarta.

"Ada juga Anas dari Banyuwangi. Hendi dari Semarang. Kemudian Pak Kanang dari kabupaten Ngawi. Cukup banyak," ujar Hasto.

Sebagai informasi, pilkada derentak 2024 akan digelar, termasuk pemilihan gubernur DKI Jakarta. Seharusnya, pemilihan diadakan tahun ini. Namun pemerintah memutuskan untuk menunda pilkada hingga dua tahun mendatang.

Oleh sebab itu, pemerintah nantinya akan memilih pelaksana tugas (plt) kepala daerah hingga menunggu pilkada digelar pada 2024. Plt nantinya akan diusulkan oleh menteri falam negeri (mendagri) dan dipilih oleh presiden.

Topik
Tri Rismaharinippkm level 4 soloJokowiGubernur DKI JakartaKapolri Si

Berita Lainnya

Berita

Terbaru