Manfaat Tak Terduga Bawang Merah, Bisa Obati Sariawan hingga Turunkan Kadar Gula Darah

Jan 08, 2022 09:25
Bawang merah (Foto: MasterClass)
Bawang merah (Foto: MasterClass)

JATIMTIMES -Bawang merah atau yang memiliki nama ilmiah Allium cepa adalah salah 1 bumbu masakan yang tidak pernah lepas dari menu khas Indonesia. Tak cuma membuat masakan lebih gurih dan enak, bawang merah ternyata juga punya kandungan nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan.

Melansir melalui kanal YouTube Dokter Fery TV, dr. Fery Juliawan, M.Th menjelaskan bahwa bawang merah memiliki kandungan zat besi, protein, zinc, karbohidrat, kalium, kalsium, dan asam folat.

Bawang merah juga mengandung beberapa zat antioksidan yakni polifenol, quercetin, saponin, dan flavonoid. Berdasarkan kandungan itu, bawang merah bisa memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan.

dr. Fery menyebut bawang merah ini bisa mengobati sariawan. Kandungan asam kaprilat dalam bawang merah berperan sebagai antiseptik dan antijamur alami. Oleh sebab itu, air rebusan bawang merah bisa digunakan untuk mengobati sariawan.

Berikut cara membuatnya:

- Siapkan 500ml air dan 2 siung bawang merah
- Iris bawang merah
- Rebus air hingga mendidih
- Setelah air mendidih kemudian masukkan irisan bawang merah tadi
- Diamkan selama 2 jam, lalu saring
- Tunggulah hingga hangat, air rebusan bawang merah siap digunakan untuk kumur-kumur.

Lakukan terapi ini sebanyak 5 sampai 6 kali sehari agar sariawan bisa sembuh.

Selain itu, bawang merah juga bisa membantu menurunkan kadar gula darah. Kandungan zat aktif yang terkandung dalam bawang merah memiliki peranan untuk merangsang pankreas agar menghasilkan hormon insulin.

Caranya yakni dengan menyiapkan 5 siung bawang merah. Kemudian masak tetapi jangan sampai terlalu kering.

Kemudian haluskan sampai menyerupai gel. Tambahkan sedikit air dan disaring. Air hasil saringan itu bisa diminum pada pagi hari. "Atau bisa juga dikonsumsi sebagai lalapan biasa," kata dr. Fery.

Topik
bawang merahfery juliawanfery juliawanmemasak ayam

Berita Lainnya

Berita

Terbaru