Pilkades Serentak Digelar di 5 Desa Kota Batu, Anggarkan Rp 390 Juta

Jan 07, 2022 15:10
Warga Kota Batu saat memasukkan surat suara di kotak suara di Desa Pendem, Kota Batu, beberapa saat lalu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Warga Kota Batu saat memasukkan surat suara di kotak suara di Desa Pendem, Kota Batu, beberapa saat lalu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Pemilihan kepala desa (pilkades) bakal berlangsung tahun 2022 ini di Kota Batu. Totalnya ada lima desa di dua kecamatan yang menggelar pilkades, yakni Kecamatan Bumiaji dan Kecamatan Batu.

Lima desa itu yakni Desa Pesanggrahan di Kecamatan Batu. Lainnya di Kecamatan Bumiaji, yaitu  Desa Sumber Brantas, Sumbergondo, Pandanrejo, dan Bulukerto.

 Rencananya pesta rakyat tingkat desa ini bakal dimulai bulan April mendatang. “Pilkades serentak akan berlangsung di lima desa. Tahapannya dimulai pada April nanti,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Batu MD Forkan.

Dalam pelaksanaan pilkades itu, digelontorkan anggaran sebesar Rp 390 juta. Anggaran teesebut dipersiapkan dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2022.

Selain anggaran itu, lima desa juga mendapatkan bantuan keuangan khusus (BKK). “Bantuan yang didapat mengacu dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT),” tambah Forkan, (Jumat 7/1/2022).

Setelan melakukan koordinasi yang sudah dilakukan bersama pemerintah desa dan BPD di setiap desa yang bakal menggelar pilkades, didapati beberapa usulan yang masuk. Salah satunya yakni penganggaran setiap DPT (daftar pemilih tetap).

DPT yang diusulkan mulai dari Rp 20-30 ribu. “Tentunya setiap desa memiliki usualn yang beda-beda. Tetapi dari kami dihitung Rp 11 ribu,” tambah Forkan. Dengan usulan tersebut, nantinya oleh Pemkot Batu akan diselaraskan oleh Timgar Pemkot Batu.

Selain itu,  bakal calon kepala desa yang ingin mendaftar harus memenuhi beberapa aturan. Misalnya,  incumbent yang bakal mencalonkan  kembali tidak boleh menjabat lebih dari dua kali. Kemudian harus mengajukan surat cuti dari jabatan sejak tahapan-tahapan dimulai.

Sementara tahapan pendaftaran bakal valon kepala fesa (bacakades) dimulai pada bulan April. Diperkiraan pelaksanaan selesai hingga pelantikan pada September.

Topik
PilkadesPilkades di kota batupemilihan kepala desa berita kota batu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru