Sudah Dibuka, Taman Bunga Merjosari Jadi Ajang Swafoto Pengunjung

Jan 05, 2022 13:57
Pengunjung saat swafoto di Taman Bunga Merjosari. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).
Pengunjung saat swafoto di Taman Bunga Merjosari. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Kehadiran taman baru di eks Pasar Merjosari rupanya cukup menyita perhatian. Ya, Taman Bunga Merjosari dengan desain modern ini memang telah dibuka untuk umum di awal 2022 ini.

Meski di sekeliling taman masih terdapat tali pembatas dan belum sepenuhnya dibuka, namun beberapa warga sudah tampak antusias menyambut hadirnya taman yang berlokasi di Jl Mertojoyo Selatan ini. Tampak, para ibu-ibu bersama anak-anak berswafoto di balik ikon taman tersebut.

Ika Rachmawati, salah satu warga mengungkapkan, tertarik mengunjungi Taman Bunga Merjosari lantaran tampak berbeda. Sekaligus mengabadikan foto untuk kedua anaknya di area lokasi.

"Saya pas lewat dan kok bagus, jadi sekalian saja mampir. Bisa foto-foto ya," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang Wahyu Setianto mengatakan, pekerjaan pembangunan Taman Bunga Merjosari memang telah rampung sejak akhir Desember 2021 lalu. 

Konsep taman modern dan cantik ini dinilai cukup representatif untuk jumlah pengunjung yang lebih banyak dibandingkan Taman Singha Merjosari. Apalagi, dengan fasilitas-fasilitas yang secara bertahap akan menampakkan hamparan bunga jika sudah tumbuh nantinya.

"Memang sudah selesai ya akhir Desember kemarin. Jadi di sana itu kalau masuk semua agak penuh bisa sekitar 100 orang lebih kapasitasnya menampung. Ada sarana untuk jalan-jalan, dan tentunya lahan parkir cukup luas,” ujarnya.

Meski masih bertahap, pernak-pernik penunjang tampak terlihat. Seperti logo bentuk bunga, tulisan Taman Bunga Merjosari, lampu-lampu di sekitar taman, hingga tempat sampah yang dibuat tampak estetik juga dihadirkan.

Taman seluas kurang lebih 1,2 hektare itu nantinya juga akan dilengkapi fasilitas WiFi gratis. Hal ini, secara khusus untuk melengkapi fungsi taman yang sebagai salah satu sarana pendidikan.

"Sudah ada rencana ke arah itu (penyediaan WiFi gratis) tentunya. Karena di sana itu kita buat nyaman untuk aktivitas seperti pendidikan, adik-adik mahasiswa, adik-adik sekolah untuk bisa berdiskusi dan belajar di sana," terangnya.

Tak hanya itu, berbagai tanaman dan pepohonan juga bakal ada di Taman Bunga Merjosari. Di antaranya, pohon andong merah, puring, kol banda, bungur, tabebuya, kenari, flamboyan, dan ekor tupai. 

Selain area bunga yang Instagramable, pengunjung nantinya juga dapat memanfaatkan area plaza, taman burung, air mancur dan sculpture yang bentuknya terinspirasi dari bentuk mahkota bunga.

"Fasilitas pendukung operasional lainnya juga nanti ada di sini. Seperti kantor pengelola dan pusat informasi, toilet, lampu taman, bangku taman, tempat sampah, area parkir hingga pedestrian ramah lansia yang dilengkapi rail pegangan dan material perkerasan yang tidak licin. Lengkap dan nyaman untuk pengunjung," pungkasnya.

Topik
primbon jawanasi pecelAngkot ngetem

Berita Lainnya

Berita

Terbaru