Area Eks Laboratorium DLH Dirobohkan, Kapan Realisasi Pembangunan Parkir Vertikal di Kota Malang?

Jan 05, 2022 11:07
Eks gedung UPT Laboratorium DLH Kota Malang yang bakal dijadikan parkir vartikal. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).
Eks gedung UPT Laboratorium DLH Kota Malang yang bakal dijadikan parkir vartikal. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Tampaknya, rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Malang untuk merealisasikan fasilitas parkir dengan konsep vertical parking atau parkir vertikal semakin diseriusi. 

Proyek untuk menunjang penataan parkir di area gedung UPT Laboratorium milik Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang tersebut tampak terlihat.

Pantauan MalangTIMES, Rabu (5/1/2022) masih tampak alat berat dan beberapa petugas yang tengah merobohkan rata gedung yang berada di Jl Majapahit itu.

Kepala DLH Kota Malang Wahyu Setianto mengatakan, gedung 2 lantai tersebut dirobohkan sebagai langkah persiapan awal. Sebab, akan diserahkan ke Pemerintah Kota (Pemkot) Malang untuk dijadikan rencana realisasi pembangunan parkir vertikal.

"Itu kan sebelumnya UPT Laboratorim kami. Tapi, saat ini dirobohkan untuk mempersiapkan fasilitas umum di sana," katanya.

Menurut Wahyu, operasional UPT Laboratorium DLH Kota Malang sendiri sudah cukup lama dialihkan. Pelayanannya, berada di Jl Bingkil yang merupakan kantor DLH Kota Malang.

"Memang operasional UPT Lab DLH sudah lama kita tarik. Semua operasional UPT Lab berada di Jl Bingkil (kantor DLH Kota Malang)," terangnya.

Lantas, kapan realisasi rencana pembangunan parkir vertikal di Kota Malang?

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang Heru Mulyono mengungkapkan, area yang direncanakan sebagai tempat parkir vertikal memang dipastikan di kawasan Jl Majapahit itu. Hanya, pihaknya belum bisa memastikan kapan realisasi pembangunannya dapat diwujudkan.

"Parkir vertikal kita tunda dulu, kita lihat situasi dulu. Sementara yang di gedung eks-DLH mulai dibongkar itu kita ratakan, kita pematangan (rencana) dulu," ungkapnya.

Heru menyebut, anggarannya pun belum masuk di tahun 2022 ini. Saat ini, pihaknya lebih berfokus untuk mengoptinalkan layanan e-parking di Kota Malang.

"2022 belum ada anggaran. Kita selesaikan satu-satu dulu ya. Ini e-parking dulu kita kembangkan," pungkasnya.

Sebagai informasi, proyek pembangunan ini telah digagas cukup lama. Rencana awal, oenempatan area parkir itu ada dua titik lokasi, yakni di area Taman Rekreasi Kota dan eks gedung UPT Laboratorium DLH.

Secara umum, parkir vertikal tersebut akan terdiri dari 8 tingkat dengan luas 400 meter persegi. Dengan adanya parkir model vertikal ini diharapkan akan lebih banyak menampung kebutuhan parkir pengendara baik oleh wisatawan maupun masyarakat Kota Malang.

Topik
tpa desa buluhParkir VertikalDLH Kota MalangDishub Kota Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru