Cara Mengatasi Ketindihan saat Tidur ala dr. Saddam Ismail

Jan 05, 2022 09:06
Ilustrasi (Foto: BBC)
Ilustrasi (Foto: BBC)

JATIMTIMES - Beberapa orang pasti pernah mengalami ketindihan saat tidur. Hal itu ditandai dengan sulitnya bangun atau pun terasa seperti tertindih sesuatu sehingga tidak bisa merubah posisi tidur.

Adapun beberapa cara untuk mengatasi ketindihan waktu tidur. Melansir melalui kanal Youtube Saddam Ismail yang ditayangkan pada 12 Februari 2021, berikut cara mengatasi ketindihan waktu tidur:

"Nah, kita harus tenang ya. Kita ketahui dulu posisi kita, kita ketahui dulu keadaan kita ya, dengan tenang tersebut kita perlahan-lahan mencoba untuk melepasnya," kata dr. Saddam Ismail.

dr. Saddam juga menyampaikan bahwa seandainya panik dan ketakutan, malah terburu-buru ingin cepat lepas biasanya ketindihan malah semakin berat, tambah kesemutan, dan mati rasa.

"Jadi, memang tidak boleh panik ketika mengalami ketindihan. Jadi teman-teman harus menenangkan diri dulu. Tarik nafas perlahan, setelah mengetahui kondisinya, coba gerakkan jari-jari atau pun jari tangan jari kaki ya seperti ingin meraba badan kita atau pun seperti ketika kita ingin mencubit bagian tubuh kita," terang dr. Saddam. 

"Dengan cara perlahan-lahan tersebut, lama-lama kita akan lepas dari keadaan ketindihan, atau pun sleep paralysis. Jadi, jangan buru-buru, jangan panik ya, jangan ketakutan. Nah, itu nanti malah akan membuat tambah parah," ungkap dr. Saddam Ismail.

Ia juga menyampaikan bahwa lama-kelamaan gangguan tidur ketindihan atau sleep paralysis akan membaik. Sehingga, untuk menghilangkannya atau pun mengatasinya,seseorang harus melakukan sesuatu yang bermanfaat atau pun mengatur pola tidur yang sehat.

Menurut dr. Saddam untuk mengatasi hal itu harus cukupi waktu tidur, tidur dan bangun di waktu yang sama atau konsisten di waktu yang sama setiap harinya supaya menurunkan resiko tidur berlebihan atau pun telat tidur.

Usahakan tidurnya tidak dalam posisi telungkup dan mendapatkan perawatan medis lanjutan. Kemudian yang terakhir yakni sebelum tidur, menurut dr. Saddam Ismail sebaiknya membaca doa.

Topik
cara atasi ketindihancara atasi ketindihansaddam ismailpengobatan rsi unismasaddam ismail

Berita Lainnya

Berita

Terbaru