Peremajaan Butuh Rp 17 Miliar, Jalan Mayjen Sungkono Kota Malang Disiapkan Naik Kelas I

Jan 04, 2022 20:34
Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang Diah Ayu Kusumadewi saat ditemui di kantornya, Selasa (4/1/2022). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)
Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang Diah Ayu Kusumadewi saat ditemui di kantornya, Selasa (4/1/2022). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Pemerintah Kota (Pemkot) Malang melalui Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang akan segera melakukan peremajaan terhadap jalan-jalan berlubang dan rusak. Salah satunya yakni Jalan Mayjen Sungkono, Kota Malang. 

Jalan Mayjen Sungkono merupakan salah satu jalan yang sering menjadi akses masyarakat menuju Kabupaten Malang maupun memasuki Kota Malang di kawasan timur. Saat ini  banyak llubang di jalan tersebut.

Ditambah lagi dengan intensitas hujan yang tinggi beberapa waktu lalu, membuat aspal di beberapa titik Jalan Mayjen Sungkono terkelupas. Lubang-lubang yang cukup dalam itu dapat membahayakan pengendara. 

Kepala DPUPRPKP Kota Malang Diah Ayu Kusumadewi mengatakan, pihaknya telah menghitung perencanaan untuk peremajaan di Jalan Mayjen Sungkono. "Jalan Mayjen Sungkono saja kita hitung tanpa pelebaran itu (kebutuhannya) Rp 17 miliar. Itu kalau kita menghitung tanpa pelebaran," ungkap Diah kepada JatimTIMES.com, Selasa (4/1/2022). 

Terkait pelebaran jalan, Pemkot Malang juga telah memerintahkan jajaran DPUPRPKP Kota Malang untuk menghitung persiapan sepanjang Jalan Mayjen Sungkono untuk naik kelas satu. Saat ini Jalan Mayjen Sungkono kategori jalan kelas dua.

"Jalan Mayjen Sungkono kan sekarang jalan kelas 2. Kemudian adanya exit tol (Madyopuro)  itu, semakin banyak kendaraan yang lewat di sana. Termasuk kendaraan-kendaraan yang harusnya lewat jalan kelas satu," ujar Diah. 

Ruas Jalan Mayjen Sungkono tampak berlubang.

Sehingga dengan alasan tersebut, jajaran DPUPRPKP Kota Malang diinstruksikan untuk membuat perencanaan pembangunan Jalan Mayjen Sungkono untuk dijadikan jalan kelas satu.  "Tadi Pak Wali memerintahkan mendesain dengan kelas 1, lanjut masuk ke Gadang," kata Diah. 

Nantinya jika sudah sesuai dengan peruntukan jalan kelas satu, kendaraan-kendaraan besar bersumbu ganda hingga ke atasnya seperti truk trailer, tronton, dan lain-lain dapat melintas di Jalan Mayjen Sungkono.

Untuk naik kelas menjadi jalan kelas satu, ruas  Jalan Mayjen Sungkono juga harus dilakukan pelebaran. Mutu aspal juga harus ditingkatkan. Setidaknya sekitar empat meter yang dibutuhkan untuk pelebaran jalan. 

"Perlu tambahan empat meter kanan kiri. Bisa dua meter, dua meter. Atau bisa tiga meter, satu meter. Tergantung trasenya," pungkas Diah. 

Topik
Jalan Mayjend SungkonoDPUPRPKP Kota MalangVaksinasi anak di Kabupaten MalangPemkot Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru