Segudang Manfaat Kacang Mete, Membantu Kesehatan Mata hingga Batu Empedu

Jan 04, 2022 09:11
Kacang mete (Foto: daysoftheyear.com)
Kacang mete (Foto: daysoftheyear.com)

JATIMTIMES -Kacang mete menjadi salah 1 camilan favorit banyak orang. Memiliki rasa yang gurih, kacang mete ternyata punya segudang manfaat bagi kesehatan. Hal tersebut disampaikan oleh healthy vlogger, dr Saddam Ismail. Namun, soal kacang mete ini masih banyak orang yang salah kaprah. 

Kacang mete bukanlah kacang melainkan biji dari buah jambu mete atau lebih dikenal sebagai jambu monyet. Menurut Saddam Ismail beberapa manfaat mengkonsumsi kacang mete untuk kesehatan yakni sebagai berikut:

1. Melindungi kesehatan mata

Kacang mete mengandung lutein dan zeaxanthin. Pada tubuh seseorang senyawa itu paling banyak ditemukan pada mata. Oleh sebab itu dengan mengkonsumsi kacang mete bisa menjaga kesehatan mata.

2. Membantu menurunkan berat badan

Kacang mete ternyata juga dapat membantu menurunkan berat badan. Hal itu karena ada kandungan lemak tak jenuh pada kacang mete. Kandungan lemak jenuh itu bisa membantu menurunkan penumpukan lemak. Kandungan protein yang juga ada di kacang mete membuat perut akan terasa kenyang lebih lama sehingga menurunkan nafsu makan.

"Tetapi yang perlu diketahui jangan mengkonsumsi kacang mete secara berlebihan, dan imbangi juga dengan olahraga ketika ingin menurunkan berat badan," kata Saddam Ismail dikutip melalui channel YouTubenya. 

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Kandungan lemak tak jenuh tunggal dan ganda pada kacang mete juga bisa membantu meningkatkan kesehatan jantung. Lemak tak jenuh dapat membantu munurunkan kadar kolesterol jahat dan juga trigliserida dalam tubuh sehingga saat kadar kolesterol dan trigliserida dalam tubuh rendah hal itu sama dengan menurunkan risiko penyakit jantung, serangan jantung hingga stroke.

4. Meningkatkan kepadatan tulang

Kacang mete juga punya kandungan tembaga yang berperan penting untuk menggantikan jaringan ikat ataupun kolagen yang rusak. Saat seseorang kekurangan asupan tembaga maka akan dengan mudah terkena masalah sendi dan meningkatkan risiko terkena penyakit osteoporosis.

Selain zat tembaga, kacang mete juga terdapat magnesium yang berperan penting untuk pembentukan tulang dan membantu penyerapan kalsium lebih optimal sehingga membuat tulang lebih kuat.

5. Menurunkan risiko batu empedu

Mengkonsumsi kacang mete secara rutin dan dengan olahan yang sehat bisa membantu menurunkan risiko terkena batu empedu.

"Namun mengkonsumsi kacang mete juga harus berhati-hati, karena kacang mete tinggi lemak walau sebagain besar adalah lemak tak jenuh. Namun tetap harus mengkonsumsinya dengan jumlah yang sewajarnya, kemudian jangan mengkonsumsi kacang mete dengan cara digoreng bisa dengan cara olahan sehat seperi dipanggang atau olahan sehat lainnya," ucap Saddam Ismail.

Topik
manfaat kacang metekacang mete untuk kesehatansejarah gunung semerupengobatan rsi unisma

Berita Lainnya

Berita

Terbaru