Bahar bin Smith Resmi Tersangka & Ditahan Atas Kasus Penyebaran Berita Bohong, Pengacara: Innalillahi

Jan 04, 2022 08:33
Bahar bin Smith (Foto: IST)
Bahar bin Smith (Foto: IST)

JATIMTIMES - Bahar bin Smith lagi-lagi harus menghadapi masalah hukum. Belum lama menghirup udara segar, Bahar kini harus kembali mendekam di penjara. Polda Jabar telah resmi menetapkan Bahar sebagai tersangka atas kasus penyebaran berita bohong saat ceramah di Bandung. Kini Bahar pun sudah ditahan

"Untuk kepentingan penyidikan dimaksud kepada BS penyidik melakukan satu penangkapan dan dilanjutkan dengan penahanan," kata Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jabar Kombes Arief Rachman. 

Penahanan ini dilakukan usai proses penyidikan dan pemeriksaan yang dilakukan terhadap Bahar sejak Senin (3/1/2022) siang. Dari hasil pemeriksaan, polisi menetapkan Bahar sebagai tersangka.

Bahar diperiksa berkaitan dengan laporan yang awalnya dilaporkan ke Polda Metro Jaya dengan nomor laporan polisi bernomor B 6354/12/2021 SPKT PMJ 2021. Bahar sendiri memenuhi panggilan penyidik Polda Jabar untuk hadir menjalani pemeriksaan. Ia tiba di Polda Jabar sekitar pukul 12.15 WIB Senin (3/1/2021). Selain itu, penetapan tersangka ini tak lepas dari bukti-bukti yang dikantongi penyidik. 

Pengacara Bahar angkat bicara

Menanggapi kasus ini, pengacara Bahar, Ichwan Tuankotta pun buka suara. Ichwan mengaku heran mengapa penetapan tersangka terhadap kliennya sangat cepat. 

"Innalillahi wa inna ilaihi raji'un matinya keadilan, betapa cepat proses hukum yang dijalani HBS (Habib Bahar Bin Smith) dari SPDP cuma berjarak 2 hari lanjut pemanggilan hari ini langsung tersangka dan ditangkap," kata Ichwan. 

Ia kemudian menyinggung tindakan yang berbeda antara pengkritik pemerintah dengan yang tidak. Bahkan, Ichwan menyebut beberapa tokoh lain yang bebas dari proses hukum.

"Hal ini bila menjerat para oposan pengritik pemerintah. Sementara penista agama bebas dan proses hukum. Deni siregar, Ade Armando dan Permadi Arya meski sudah dilaporkan berulang-ulang tak tersentuh hukum," kata Ichwan.

Pengunggah video juga ditetapkan tersangka

Tak cuma Bahar, pengunggah video berinisial TR juga ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan penyebaran berita bohong. TR sendiri telah mengunggah video Bahar yang diduga berisi ujaran kebencian di YouTube. 

"Dengan demikian penyidik telah dapat meningkatkan status hukum saudara BS dan saudara TR menjadi tersangka," ujar Arief. 

Dalam kasus ini Bahar dan TR dijerat dengan Pasal 14 ayat 1 dan 2 UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana jo Pasal 55 KUHP, dan atau Pasal 15 UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana jo Pasal 55 KUHP, dan atau Pasal 28 ayat 2 jo Pasal 45a UU ITE(Informasi dan Transaksi Elektronik) jo Pasal 55 KUHP. Jika terbukti bersalah, keduanya terancam dipenjara hingga 5 tahun atau lebih.

Topik
Bahar bin Smithbahar bin smith ditahan polisipengacara bahar bin smithdoa menghilangkan jerawat

Berita Lainnya

Berita

Terbaru