Konferensi pers dugaan tindak pidana cukai, Senin (14/12/2015). (Foto: ferry/malangtimes)
Konferensi pers dugaan tindak pidana cukai, Senin (14/12/2015). (Foto: ferry/malangtimes)

MALANGTIMES - Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (PPBC) Tipe Madya Cukai (TMC) Malang, Jawa Timur berhasil mengamankan jutaan rokok ilegal. Keberhasilan ini berkat informasi dari masyarakat. 

Dalam kurun waktu hingga November 2015, diamankan pula alat bantu seks (sex toys), air soft gun hingga peluru tajam ilegal, serta obat kuat.

Peredaran rokok ilegal mendominasi konsumen di wilayah Malang Raya dengan total kerugian negara diperkirakan mencapai Rp 222 juta.

“Peredaran rokok illegal ini merugikan negara hingga Rp 222.413.970,00,” kata Kepala Kantor PPBC TMC Malang, Rudy Hery Kurniawan dalam keterangan pers, Senin (14/12/2015). 

Pada kesempatan yang sama, Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Kantor PPBC TMC Malang, Farid Fahrudi menyampaikan bahwa keberhasilan ini tidak terlepas dari peran serta masyarakat dalam menyampaikan informasi.

"Informasi pengaduan dari masyarakat langsung kita tindaklanjuti," ujarnya kepada MALANGTIMES, usai jumpa pers.‎

Kantor Pengawasan dan pelayanan Bea Cukai Tipe Madya Malang memfokuskan perhatian pada sejumlah jenis produk terlarang maupun yang melanggar prosedur cukai pemerintah. (*)