Pemkot Batu Bakal Rekrut P3K 200 Formasi untuk Kesehatan, Pertanian, dan Administrasi Umum

Jan 03, 2022 21:51
ASN di lingkungan Pemkot Batu.
ASN di lingkungan Pemkot Batu.

JATIMTIMES - Tahun 2022 Pemkot Batu tidak membuka seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS). Namun Pemkot Batu memberikan kesempatan bagi yang tertarik menjadi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K).

Ya Pemkot Batu akan merekrut P3K pada tahun 2022 ini. Pemkot Batu sudah mengusulkan 200 formasi P3K kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Batu M. Nur Adhim mengatakan, untuk 200 formasi itu, posisi yang diusulkan yakni administrasi umum, kesehatan, dan pertanian sesuai kebutuhan. Jumlah tersebut hampir mendekati jumlah rekrutmen tahun 2021 silam.

Alasan Pemkot Batu hanya membuka P3K,  Adhim mengatakan karena adanya undang-undang hubungan keuangan antara pemerintah pusat dan daerah (HKPD). Di dalamnya tercantum pemangkasan anggaran belanja pegawai.

Hal itu membuat anggaran belanja pegawai yang sebelumnya tidak dibatasi kini ditetapkan hanya 30 persen dari Anggaran Belanja dan Pendapatan Daerah (APBD). Sehingga salah satu imbasnya untuk sementara tidak ada seleksi CPNS pada tahun 2022.

Menurut Adhim,  CPNS dengan P3K merupakan hal yang sama. Yakni keduanya sama-sama mendapatkan gaji dan tunjangan yang di-cover oleh pemerintah daerah. Tetapi bedanya PPPK tidak mendapatkan uang pensiun atau hanya pesangon.

Topik
Pemkot BatuTips InterviewPegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K)berita kota batu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru