Awal 2022, Tanah Longsor Gerus Pelengsengan dan Bahayakan Rumah Warga di Kota Batu

Jan 03, 2022 18:58
Tanah longsor menggerus pelengsengan rumah Painem di Dusun Tegalsari, Desa Sumbergondo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Senin (3/1/2022). (Foto: istimewa)
Tanah longsor menggerus pelengsengan rumah Painem di Dusun Tegalsari, Desa Sumbergondo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Senin (3/1/2022). (Foto: istimewa)

JATIMTIMES - Kejadian tanah longsor mewarnai bencana awal tahun 2022 di Kota Batu. Tanah longsor itu terjadi di RT 4 RW 3 Dusun Tegalsari, Desa Sumbergondo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Senin (3/1/2022).

Akibat tanah longsor tersebut,  pelengsengan dengan panjang 14,30 meter dan tinggi 7 meter juga ambrol. Longsor itu pun membahayakan rumah warga bernama Painem karena  jarak antara rumah dengan pelengsengan hanya 2 meter.

Pagar bambu yang berada di pelengsengan l ikut terbawa longsoran.  Ya jika terjadi hujan terus-menerus, tanah longsor bisa menggerus kembali area tersebut dan makin mengancam rumah Painem. Sebab, tanah longsor terjadi lantaran curah hujan yang tinggi dalam beberapa hari lalu di Kota Batu.

 “Akibat  tanah longsor ini, sebagian material longsor menutupi aliran sungai,” ungkap Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu Agung Sedayu.

BPBD  akan menutup tanah longsor tersebut dengan terpal agar saat hujan kembali tidak membasahi lokasi kejadi. Kemudian juga perlu dilakukan pembersihan material longsor dari aliran sungai.

“Selain itu, perlu dilakukan pembangunan kembali pelengsengan dengan pemasangan bronjong agar nantinya pelengsengan ini kukuh dan tidak terjadi longsor,” tambah Agung.

Sementara itu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan adanya badai La Nina. Cuaca ekstrem tersebut bakal terjadi pada Januari-Februari mendatang. Karena itu, BPBD mengimbau warga Kota Batu untuk waspada terhadap bencana akibat La Nina.

Topik
Tanah Longsorbencana longsorBPBD Kota Batuberita kota batu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru