Kalender Wisata 2020 Kota Batu, Berikut 70 Event Budaya hingga Atraksi yang Disuguhkan

Jan 03, 2022 17:42
Salah satu even Wayang Kulit yang berlangsung di Rumah Dinas Wali Kota Batu. (Foto: Irsya Rocha/MalangTIMES)
Salah satu even Wayang Kulit yang berlangsung di Rumah Dinas Wali Kota Batu. (Foto: Irsya Rocha/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Pada akhir Desember 2021 lalu, Dinas Pariwisata Kota Batu telah melaunching Kalender Wisata tahun 2022. Total ada 70 event siap menghibur masyarakat maupun wisatawan yang datang ke Kota Apel tersebut.

Kepala Disparta Kota Batu, Arief As Siddiq mengatakan, kalender event tahun 2022 ini akan menjawab banyaknya pertanyaan masyarakat dan wisatawan domestik maupun mancanegara terkait apa saja event di Kota Batu tiap bulan dan tahunnya.

“Kalender ini adalah jawaban masyarakat dan wisatawan. Semua event wisata di Kota Batu akan terjadwalkan dalam Kalender Wisata Kota Batu tahun 2022. Harapannya masyarakat dan wisatawan bisa mengetahui event yang digelar tiap bulannya dengan sistematis," ungkap Arief.

Bagi yang penasaran apa saja yang akan disuguhkan Dinas Pariwisata Kota Batu dalam satu tahun ke depan, JatimTIMES telah merangkumnya. Beberapa event itu di antaranya ada Obah Ngedrug Bumi #3 di Latar Seni Winarto Ekram Nggopet Pendem yang digelar pada 3 hingga 5 Januari 2022. Lalu ada proses Pemilihan Duta Wisata mulai Januari sampai April.

Di bulan Februari, ada Tourism Photography Competition yang tepatnya digelar pada 16 hingga 18 Februari. Selanjutnya Hari Peduli Sampah Nasional di Eco Green Park pada 21 Februari.

Lalu pada Maret ada Piala Walikota Batu Esport Tourism "Cohabitate your Gaming" di Hotel Jambuluwuk pada Maret 2022. Kemudian Ritual Umbah Dandang di Patirtaan Sumber Tanjung Kelurahan Ngaglik. Gugur Gunung di Kelurahan Ngaglik pada 6 Maret. Dilanjutkan dengan Tahlil Akbar di Masjid, Mushola, Langgar Kelurahan Ngaglik 10 Maret. Ditutup dengan Gugur Gunung di Gereja, Makam Nasrani di Kelurahan Ngaglik pada 11 Maret.

Selanjutnya di April ada Pameran Dekranasda di Balai Kota Among Tani, Grand Final Kangmas Nimas Kota Batu, Funduro Panderman Gravity Park, Festival Kampung Ramadhan #4 di Desa Beji pada 21 hingga 24 April, ditutup Festival Jaran Kepang.

Selanjutnya pada Mei, ada Hari Keanekaragaman Hayati di Eco Green Park pada 22 Mei. Lalu Gebyar Budaya dan Selamatan Tahun Baru Hijriyah di Desa Punten dan Festival Sendratari Arjuna Wiwaha.

Kemudian di bulan Juni ada Batu Millenial Contest pada 15 hingga 17 Juni. Downhill Kota Wisata Batu di Panderman/Klemuk 15 hingga 17 pada Juni. Petik Jeruk Punten Festival di Desa Punten. Ada juga Gebyar Budaya Sisir Nyawiji di Kelurahan Sisir.

Lainnya ada Festival Beji Kampung Tempe (FBKT) 2022 di Lapangan Ganjaran Desa Beji 24-26 Juni. Festival Ladu Gunung Sari di Desa Gunungsari.

Di bulan Juli ada Selamatan Desa, Karnaval Bersih Desa Selamatan Sumber di Desa Pesanggrahan, Pementasan Kesenian Budaya Dalam Daerah di Sendra Tari Arjuna Wiwaha, Tour Gowes Wisata Nasional Kota Batu pada 3 Juli.

Selanjutnya ada Peringatan Hari Koperasi di Balai Kota Among Tani Juni. Batu Creative Music Week Kota Batu 15 – 16 Juli. Festival TV Desa di Gedung Olahraga Gajahmada.

Berikutnya bulan Agustus, akan ada cukup banyak event menanti. Yakni Expo Pariwisata Kota Batu di Balai Kota Among Tani 5 hingga 7 Agustus, Festival Panen Raya di Desa Pesanggrahan Agustus - Oktober, Event Race Cycling on The Kungkuk di Dusun Kungkuk - Desa Punten pada Agustus - Oktober 2022.

Lalu ada Downhill di Dusun Kungkuk, Desa Punten pada Agustus 2022. Karnaval Sedekah Bumi dan Selametan Desa di Desa Punten Agustus, Mountain Bike di Dusun Gempol, Desa Punten. Event Jeep di Dusun Payan, Desa Punten. Festival Ngudek Jenang di Desa Tulungrejo. Festival Serabi Suro di Kelurahan Dadaprejo.

Kemudian pada bulan September ada Batu Street Food Festival di Balai Koya Among Tani pada 24-25 September. Festival Susu Sapi Brau di Dusun Brau-Desa Gunungsari dan Festival Bantengan.

Bulan Oktober ada Batik Fest di Balai Kota Among Tani 2 - 6 Oktober, Pagelaran Wayang Kulit Balai Kota Among Tani pada 17 Oktober, Festival Anggrek di Balai Kota Among Tani, ditutup dengan Festival Burung Berkicau.

Lalu di bulan November ada Gugur Gunung Makam di Kelurahan Sisir pada 13 November. Jagong Gayeng di Kelurahan Sisir 20 November. Sonjo Tirto di 7 Sumber atau Pemandian Umum se-Kelurahan Sisir pada 24 November. Napak Tilas Bedah Kawang Se-Kelurahan Sisir pada 27 November. Diakhiri Ujub/Ijab Kabul di Graha Wangsa Kelurahan Sisir pada 28 November.

Di penghujung tahun bulan Desember ada Dihajeng Karsinah di Balai RW 11 Kelurahan Sisir. Dan ditutup Batu Tourism Award.

Topik
Kalender EventKota Batukalender event 2022 kota batuRyan Kurniaberita kota batuBerita Jatimkalender wisata kota batu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru