Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Mencairnya Es Kutub Pengaruhi Rotasi Bumi

Penulis : Deasy Mayasari - Editor : Redaksi

14 - Dec - 2015, 06:37

Mencairnya Es Kutub Pengaruhi Rotasi Bumi
Mencairnya Es Kutub Pengaruhi Rotasi Bumi

MALANGTIMES - Mencairnya gletser karena meningkatnya suhu global menyebabkan rotasi Bumi sedikit melambat. Hal ini diperlihatkan oleh para ilmuwan dalam ilustrasi dampak luas perubahan iklim.

Baca Juga : Tiga Tenaga Kesehatan Positif Covid-19 di Kota Malang Sembuh

"Karena gletser berada di lintang tinggi, ketika meleleh, es mendistribusi ulang air dari lintang tinggi ke lintang lebih rendah. Seperti peselancar yang menggerakkan tangan menjauh dari tubuhnya, aksi ini juga memperlambat laju rotasi Bumi," kata ahli geofisika Universitas Harvard Jerry Mitrovica.

Penelitian yang dipublikasikan jurnal Sciences Advances ini membedah perubahan dalam rotasi Bumi dan porosnya berdasarkan kenaikan permukaan air laut global pada abad 20 sebagai hasil dari kenaikan suhu.

Mitrovica menjelaskan es yang mencair dan kenaikan air laut memindahkan poros rotasi Bumi atau kutub utara, dalam laju kurang dari satu centimeter per tahun. Pencairan ini memperlambat rotasi Bumi dan menambah durasi siang hari seperseribu per detik selama abad 20.

Baca Juga : Tanggap Covid-19, Fraksi PKS DPRD Kota Malang Bagikan Ratusan APD ke Petugas Medis

Meski kecil, ini merupakan dampak perubahan iklim yang disebabkan oleh manusia, namun perlambatan itu tidak membahayakan Bumi. Namun jika es kutub mencair dalam jumlah yang besar, dampaknya terhadap rotasi Bumi juga akan meningkat. (*)


Topik

Peristiwa kutub-mencair kutub-es


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Deasy Mayasari

Editor

Redaksi