Pengunggah Video Bahar bin Smith Dugaan Kasus Ujaran Kebencian akan Diperiksa Polisi

Jan 02, 2022 15:44
Bahar bin Smith (Foto: IST)
Bahar bin Smith (Foto: IST)

JATIMTIMES - Kasus hukum yang menjerat Bahar bin Smith semakin memanas. Usai bebas dari penjara, kini Bahar kembali harus berurusan dengan hukum atas kasus dugaan ujaran kebencian.

Dalam kasus ini, tim penyidik Polda Jawa Barat akan memeriksa seorang berinisial TR yang diduga telah mengunggah video ceramah Bahar bin Smith yang diduga berisi ujaran kebencian di media sosial. 

"Sesuai perkembangan hasil penyidikan, kami akan memeriksa saudara TR," ujar Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jawa Barat Kombes Pol. Arief Rachman, Minggu (2/1/2022).

Menurut Arief, pemanggilan itu sesuai dengan konstruksi hukum yang telah disusun oleh penyidik. Pihak kepolisian juga tengah mempersiapkan pemeriksaan terhadap Bahar besok, Senin (3/1/2021).

"Penyidik terus bekerja secara maraton, tentunya mengedepankan prinsip profesional, prosedural, transparan, dan akuntabel," kata Arief.

Dalam video yang diduga diunggah TR itu berisi ceramah Bahar pada tanggal 11 Desember 2021. Video berisi dugaan ujaran kebencian itu diduga direkam di Margaasih, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Sebelumnya, polisi juga telah melakukan penggeledahan di kediaman TR. Dari penggeledahan itu, polisi menyita sejumlah barang bukti seperti ponsel, laptop, akun YouTube, dan yang lainnya.

Pemeriksaan ini adalah rangkaian penyidikan yang didasari adanya laporan polisi bernomor B 6354/12/2021 SPKT PMJ 2021 yang dilayangkan ke Polda Metro Jaya. Nantinya penyidikan akan dilanjutkan oleh Polda Jawa Barat karena lokasi diduga berada di kawasan hukum Jabar.

Topik
Bahar bin SmithHabib Bahar bin Smithpasar krempyeng

Berita Lainnya

Berita

Terbaru