Membaik, Pengunjung Hotel saat Tahun Baru di Kota Batu Capai 70 Persen

Jan 01, 2022 20:14
Kepadatan wisatawan di Jawa Timur Park 3. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Kepadatan wisatawan di Jawa Timur Park 3. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Keterian kamar hotel di Kota Batu pada momen Libur perayaan Natal dan Tahun Baru 2022 kali ini belum seratus persen. Tingkat tingkat kunjungan hotel di Kota Batu masih berada di kisaran 70 persen. 

"Belum semua (kamar hotel, Red) penuh, masih rata-rata okupansi hotel di angka 70 persen. Bahkan wisatawan yang stay di hotel juga berimbang antara yang reservasi dengan walk in guest (tamu yang langsung datang ke hotel untuk menginap tanpa reservasi.red),” kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Batu, Sujud Hariadi, Sabtu (1/1/2022).

Sujud menambahkan, saat ini kebanyakan pengunjung memilih langsung datang menginap tanpa melakukan reservasi di hotel tersebut. Berbeda dengan sebelum-sebelumnya sering kali lebih dahulu melakukan reservasi.

Kondisi itu dirasa saat ini wisatawan lebih memilih untuk melihat situasi dan kondisi terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menginap. “Mereka melihat situasi terlebih dahulu, baru memutuskan untuk menginap,” tambah Sujud.

Menurut Sujud tingkat keterisian tidak bisa tinggi seperti tahun-tahun sebelumnya. “Rate tidak bisa naik banyak seperti tahun-tahun sebelumnya,” ujar Sujud yang juga Direktur Utama Taman Rekreasi Selecta ini, Sabtu (1/1/2022).

Meski demikian, pihaknya bersyukur angka okupansi terus merangkak naik. Hal ini tentunya untuk pemulihan perekonomian di Kota Batu. Mengingat pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) sangat berimbas pada pelaku usaha di Kota Batu.

“Semoga di tahun yang baru ini perekonomian di Kota Batu bisa lebih meningkat,” harap Sujud. Hingga saat ini hotel yang tergabung dalam PHRI Kota Batu sudah mencapai kurang lebih 70 hotel.

Sementara itu protokol kesehatan secara ketat dilakukan di seluruh hote yang tergabung pada PHRI Kota Batu . Meski berupaya meningkatkan keterisian hotel, namun protokol kesehatan menjadi perhatian mereka untuk mencegah masuknya Covid-19 varian omicron. Mengingat wisatawan yang datang ke Kota Batu berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Topik
Sujud HariadiPHRI Kota BatuKota Batuwebsite pssi

Berita Lainnya

Berita

Terbaru