Pemkab Malang Janjikan Peningkatan Kualitas Jalan Penunjang JLS Dilakukan Tahun Ini

Jan 01, 2022 16:58
Suasana pengerjaan perbaikan jalan di Kecamatan Pagak (foto: istimewa)
Suasana pengerjaan perbaikan jalan di Kecamatan Pagak (foto: istimewa)

JATIMTIMES - Jalan penunjang Jalur Lintas Selatan (JLS) di Malang Selatan mulai diperbaiki. Pantauan di lokasi jalan rusak diperbaiki berada di ruas jalan Pagak menuju Donomulyo, Kabupaten Malang.

Arus jalan Pagak-Donomulyo terhambat dengan adanya perbaikan jalan tersebut. Dari pantauan, lubang-lubang yang berada di jalan tersebut memiliki diameter bervariasi, mulai dari yang kecil hingga besar.

Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Bina Marga Kabupaten Malang Suwignyo menerangkan bahwa perbaikan jalan di jalan penunjang JLS dilakukan secara bertahap. Hal itu berkaitan dengan jalur yang menghubungkan antara Kecamatan Bantur dan Kecamatan Donomulyo itu.

Menurut Suwignyo, dalam hal ini Pemkab Malang hanya bertanggung jawab dengan meningkatkan kualitas jalur-jalur penunjang menuju JLS.  Jalur tersebut tersebar di tiga wilayah. Pertama rute ruas jalan Gondanglegi-Balekambang. Kedua Kepanjen-Pagak-Sumbermanjing Kulon-Ngliyep. Ketiga, rute Sumberpucung-Kalipare-Donomulyo-Pantai Modangan. “Kini memang hanya pemeliharaan saja di ruas-ruas jalan tersebut,” kata Suwignyo.

Disinggung masalah peningkatan kualitas jalan, Suwignyo mengaku pihaknya baru bisa melakukan peningkatan kualitas jalan penunjang tersebut pada tahun 2022 atau ketika JLS sudah rampung. Sebab,  tahun lalu anggaran banyak di-refocusing untuk penanganan covid-19.

Dalam pantauan beberapa minggu ini, JLS masih terus dilakukan pengerjaan. Pekerja masih berada di lokasi dengan menggunakan alat berat. Karena itu, masyarakat setempat harus lebih bersabar lagi untuk menunggu jalan agar bisa mulus kembali. 

“Pasalnya masih pandemi. Mungkin 2022 nanti bisa kami programkan secara bertahap. Khususnya dua ruas Kepanjen-Pagak, dan Sumberpucung-Donomulyo. Sedangkan ruas Gondanglegi kami usulkan pengalihan status jalan nasional,” ungkap Suwignyo.

Topik
Jalur Lingkar Selatan (JLS)Pemkab MalangPerbaikan JalanBerita Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru