Kiat-Kiat Sukses Berbisnis Pasca-Pandemi

Dec 31, 2021 17:41

JATIMTIMES - Pelaksanaan vaksinasi yang gencar dilakukan pada tahun ini menjadi semangat optimisme tersendiri terutama pada kalangan pelaku bisnis untuk segera menjalankan kegiatan usahanya dengan normal. Penerapan era normal baru ini memungkinkan bisnis untuk mulai berjalan dan berkembang kembali.

Namun, karena adanya aturan protokol kesehatan tentu akan membentuk perilaku bisnis yang berbeda. Misalnya, banyak membuka bisnis online karena memenuhi kewajiban physical distancing. Tak hanya itu, pandemi juga telah menciptakan pola konsumsi baru .untuk itu para pembisnis harus pintar-pintar memulai dan mengembangan bisnis pasca pandemi.

Langkah strategi bisnis sukses berbisnis pasca pandemi yang dapat diterapkan :

1. Bangun Konsistensi Penjualan Dengan Promosi Digital

Strategi utama yang perlu dilakukan adalah membangun konsistensi penjualan produk atau jasa melalui promosi digital,bisa dilakukan melalui media sosial atau marketplace.Meskipun dalam pasca-pandemi ini memungkinkan konsumen untuk mengunjungi toko atau berbelanja secara langsung, perilaku konsumen dalam mengakses produk secara online akan tetap bertahan karena kebiasaan ini terbentuk selama pandemi.

2. Ikuti Tren Belanja Konsumen

Perilaku belanja konsumen Indonesia saat terjadi pandemi COVID-19 tentu berubah. Karena banyak konsumen yang tidak banyak beraktivitas di luar rumah, aktivitas berbelanja juga turut dilakukan dari rumah. Konsumen ingin mendapatkan produk memiliki kualitas,terjaga kebersihan dan keamanannya tanpa keluar rumah.Oleh karena itu,kebiasaan berebelanja online sudah menjadi kebiasaan sehingga pasca pandemi juga penjualan berpindah dari toko fisik ke toko online dan e-commerce. Untuk mempertahankan penjualan dan kualitas barang yang dijual, pelaku usaha sebaiknya pindah ke atau menambahkan toko online. Kemudian bisa memanfaatkan layanan pengiriman makanan dan barang agar tetap bisa menjangkau konsumen. Intinya, harus memantau terus perilaku dan keinginan konsumen dan sesuaikan model bisnis jika dibutuhkan.

3. Buat Promo-Promo yang Menarik

Jika branding produk sudah berhasil menarik perhatian banyak orang. Setelah itu saatnya membuat promo-promo yang menarik agar konsumen lebih tertarik untuk membeli produk yang dijual. Contoh promo yang dapat menarik konsumen adalah cashback, diskon, atau buy get free.Promo-promo tersebut sering sekali diminati oleh para calon pelanggan.Jangan lupa juga untuk memperhitungkan untung dan rugi dari promo yang dibuat.

4. Manjakan Konsumen

Jika sudah ada konsumen yang membeli produk atau barang yang jual. Hal harus dilakukan adalah memberikan pelayanan yang terbaik pada konsumen.Biasanya konsumen akan sangat senang apabila pemilik atau owner terjun langsung melayani mereka.Berikan mereka pelayanan terbaik dan berikan mereka produk-produk terbaik yang ada agar para konsumen puas dan tidak memilih produk lainnya.Dapat juga  memberikan program-program khusus untuk para konsumen setia.Hal tersebut dapat dilakukan untuk menarik perhatian mereka agar bisa membeli produk yang dijual.

5. Bangun Platform Bisnis Sendiri

Pembisnis sangat disarankan untuk membuat Platform usaha produknya sendiri agar representasi online yang memberikan kesan terpercaya bagi sebuah brand produk yang dijual.Keberadaan usaha di media sosial dan marketplace dapat sewaktu-waktu mengalami kendala yang dapat menghambat penjualan, maka Platform penjualan sendiri ini dapat menjadi acuan resmi bagi konsumen sebagai akses membeli produk.

Langkah tips ini dapat dilakukan oleh pembisnis yang akan mengembangkan kembali bisnisnya pasca pandemi.Semoga dapat membantu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
ruang mahasiswa

Berita Lainnya

Berita

Terbaru