Kendaraan Masuk Malang Via Exit Tol Singosari Diprediksi Akan Meningkat Jelang Pergantian Tahun

Dec 31, 2021 15:56
Pantauan arus lalin di exit tol Singosari (foto: Hendra Saputra/ JatimTIMES)
Pantauan arus lalin di exit tol Singosari (foto: Hendra Saputra/ JatimTIMES)

JATIMTIMES - Peningkatan arus kendaraan roda empat yang masuk Malang diprediksi akan terus meningkat jelang pergantian tahun 2022. Hal itu telah masuk pantauan Satlantas Polres Malang sejak 25 Desember 2021 kemarin.

Kanit Turjawali Satlantas Polres Malang, Iptu Ahmad Taufik mengatakan bahwa arus lalu lintas mengalami peningkatan yang masuk Malang. Tercatat ada sekitar 16 ribu kendaraan dalam sehari yang masuk Malang via exit tol Singosari.

“Peningkatan arus mulai tanggal 25 Desember, itu dari arah Surabaya. Dari semula (rata-rata) 9 ribu kendaraan jadi 16 ribu,” kata Taufik.

Sementara itu, contra flow juga akan diterapkan Satlantas Polres Malang untuk mengantisipasi kemacetan. Sebab, jumlah kendaraan yang masuk ke Malang meningkat hingga 80 persen.

Contra flow sendiri adalah sistem pengaturan lalu lintas yang mengubah arah normal arus kendaraan pada suatu jalan raya. Sistem ini dapat diterapkan untuk berbagai keperluan seperti evakuasi darurat, pemeliharaan jalan, atau mengatasi kemacetan.

“Contra flow nanti akan diterapkan di arah Kota Batu. Lalu di Kepuhharjo jika padat akan kami beri barier,“ ungkap Taufik.

Disinggung masalah arus kembali, Taufik menuturkan bahwa tanggal 1 Januari 2022 nanti diprediksi kendaraan yang keluar Malang juga mengalami kepadatan.

“Arus kembalinya tanggal 1 Januari 2022 malam atau sore, kemungkinan arus kendaraan akan lebih tajam lagi (melalui pintu tol Singosari),” tutup Taufik.

Topik
Lalu Lintas MalangPolres MalangPerayaan Tahun Baru

Berita Lainnya

Berita

Terbaru