Asyik Dikunjungi, Tempat Wisata Gratis dengan Panorama Indah di Kota Batu

Dec 30, 2021 13:45
Pengunjung saat berswafoto di Alun-Alun Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Pengunjung saat berswafoto di Alun-Alun Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Kota Batu tidak hanya menyuguhkan wisata buatan.  Kota Batu juga memiliki destinasi alam dengan pemandangan yang menakjubkan. Bahkan, wisatawan tidak perlu merogoh kocek untuk menikmati destinasi itu.

Lalu di mana saja tempat wisata  gratis yang menyuguhkan panorama indah itu?

1. Jalur Lintas Barat, Desa Oro-Oro Ombo

Jalur Lintas Barat (Jalibar) adalah  salah satu jalan penghubung  menuju tempat wisata Museum Angkut. Berlokasi di Desa Oro-Oro Ombo, Kecamatan Batu, lokasi ini cukup menjadi primadona bagi wisatawan.

Ya, pengendara  yang melintasi Jalibar, jika cuaca  cerah,  akan disuguhi pemandangan pegunungan, alam, dan Kota Batu.  Apalagi jalur di daerah tersebut cukup lebar dan tidak terlalu dilewati banyak pengendara.

Dengan melewati jalan ini, para wisatawan dari luar daerah bisa terpana dengan pemandangannya. Yakni pemandangan Gunung Arjuna dengan langit birunya. Biasanya banyak wisatawan yang ber-swafoto dengan latar belakang pemandangan tersebut.

Usai berswafoto sambil menikmati pemandangan dengan hawa nan sejuk, wisatawan disuguhi  rest area yang memiliki kios-kios berjajar dan menyuguhkan beragam kuliner yang disajikan. Terkadang jalan tersembut jadi tempat singgah sejenak para wisatawan.

2. Wisata Alam Brakseng Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji

Brakseng Desa Sumber Brantas  bisa menjadi alternatif bagi kalian yang tidak ingin merogoh kocek. Wisata alam Brakseng bisa menjadi pilihan kalian yang ingin berswafoto dengan hamparan perkebunan hijau luas. Di Brakseng ini, hawanya dingin dan menyegarkan.

Selain itu, wisatawan dapat mengambil foto karena latar tempat wisata ini Instagramable dan alami. Apalagi jika ke sana di saat cuaca  cerah. Setelah selesai mengambil foto, wisatawan juga bisa menikmati minuman dan makanan yang disuguhkan di sana.

3. Alun-Alun Kota Batu

Bagi sebagian  wisatawan, salah satu jujugan ke Kota Batu adalah Alun-Alun Kota Batu. Rasanya belum lengkap memang jika ke Kota Batu jika belum mengunjungi wisata yang tidak dipungut biaya tersebut.

Mulai dari kalangan anak-anak hingga dewasa bisa menikmati tempat wisata Alun-Alun Kota Batu. Sementara yang dewasa bersantai, di sana juga disiapkan playground bagi anak-anak.

Hanya, beberapa wahana yang disiapkan di sana berbayar. Antara lain bianglala untuk bisa melihat pemandangan Kota Batu dari ketinggian.

4. Sepanjang Jalan Desa Sumber Brantas

Jika melintas Desa Sumber Brantas, wisatawan akan mendapati pemandangan yang menakjubkan. Panorama pemandangan perbukitan dan perkebunan akan membuat wisatawan tergugah untuk turun dari kendaraan yang mereka kendarai dan berswafoto sejenak.

Apalagi perkebunannya tertata apik dengan pemandangan perbuktian. Jika cuaca cerah, kawasan ini cocok untuk dijadi tempat swafoto yang Instagramable. Jika beruntung saat melintas usai hujan, kabut yang  turun juga menjadi pilihan mendapatkan swafoto yang apik.

5. Taman Hutan Kota Bondas

Taman Hutan Kota Bondas di Jalan Sultan Agung, area Stadion Brantas, Kecamatan Batu, bisa menjadi pilihan kalian untuk mencari tempat wisata gratis. Selain gratis, di sana menyuguhkan beragam fasilitas dan cocok untuk digunakan swafoto.

Apalagi jika mengajak anak-anak ke sana. Mungkin sangat gembira karena terdapat fasilitas playground. Jadi, bagi orang dewasa tidak perlu khawatir jika ke sana membawa anak-anak.

Selain itu, taman tersebut kerap digunakan untuk olahraga. Sebab, Pemkot Batu menghadirkan fasilitas seperti track jogging.

 Kemudian juga ada banyak tempat duduk untuk digunakan bersantai di bawah pepohon dengan menikmati segarnya udara kota Batu.

6. Taman Hutan Kenanga

Taman Kenanga berlokasi di Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji. Di sana terdapat fasilitas wifi. Karena itu, banyak pelajar sepulang sekolah mampir untuk menghabiskan waktu untuk bersantai sambil berselancar di dunia maya.

Selain bersantai, fasilitas wifi itu juga dimanfaatkan untuk mengerjakan tugas. Apalagi, jaringan wifi di Taman Kenanga cukup cepat. 

Yang membuat nyaman tidak hanya karena fasilitas wifi, tetapi juga karena ada beberapa gazebo yang cukup luas. Di sekelilingnya juga tumbuh beragam tanaman berwarn-warni nan indah. Jadi, sangat cocok juga untuk berswafoto. 

Di taman seluas satu hektare itu,  juga ada kawasan jogging track, fasilitas permainan anak seperti jungkat-jungkit dan ayunan.  Bahkan beberapa sudut juga dimanfaatkan untuk pertanian seperti umbi-umbian.

Topik
Destinasi wisata Kota BatuWisata gratisWisata gratis

Berita Lainnya

Berita

Terbaru